Asahan, PRESTASIREFORMASI.COM
Bupati Asahan H. Surya, BSc mengambil sumpah janji dan lantik Pejabat eselon III,IV/Administrator dan Pejabat Pengawas di lingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan.

Pengambilan sumpah janji dan pelantikan Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan dilakanakan di Aula Melati Kantor Bupati Asahan, Jumat (17/7/2020_.

Bupati Asahan H. Surya, BSc menyampaikan bimbingan dan arahannya kepada Lukman Hakim, S. Ag, M. Si dan Khualid Armansyah Lubis, S. Sos yang telah dilantik sebagai Camat.

“Pada hari ini, saudara harus segera belajar dan menyesuaikan diri dengan lingkungan serta lingkup kerja saudara,” ujar Bupati.

Ia menyebut, Saudara harus paham bahwa seorang Camat memiliki peran sebagai koordinator penyelenggara Pemerintahan di wilayah kerja Kecamatan yang dalam pelaksanaan tugasnya memperoleh pelimpahan kewenangan Pemerintahan dari Bupati untuk menangani sebagaian urusan otonomi daerah, dan menyelenggarakan tugas umum Pemerintahan.

“Menyambut pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020 ke depan nantinya, peran seorang Camat adalah sebagai koordinator untuk melakukan fungsi pembinaan dan pengawasan di tingkatan Desa dan Kelurahan, ” ungkap Bupati.

“Seorang Camat harus cermat memaksimalkan fungsinya dengan melakukan pendekatan dan komunikasi dengan tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, petugas keamanan dan lain sebagainya untuk menjaga stabilitas daerah setempat, serta Camat harus mampu mendeteksi secara dini hal-hal yang tidak diinginkan yang mungkin akan terjadi, terlebih ditahun politik ini, ” sambungnya.

S=elanjutnya Bupati Asahan juga menyampaiakan, kepada Pejabat Pengawas yang dilantik seluruhnya merupakan wajah baru pada jabatan administrasi, saudara harus banyak belajar dari pejabat-pejabat pengawas yang berada dalam satu bidang kerja saudara, karena mereka sudah lebih dahulu menjalani fungsinya dalam jabatan administrasi.

H Surya juga mengingatkan kepada para ASN yang baru dilantik agar mengecamkan dalam hati bahwa jabatan ini akan berakhir dan dipertanggungjawabkan, baik dalam kehidupan di dunia maupun di akhirat kelak.

“Pemahaman yang mendalam tentang konsep inilah yang akan melahirkan seorang pemimpin dengan tingkat kesadaran yang tinggi dan kematangan diri dalam semua sisi. 
Pertama, rendah hatilah dalam menjalankan amanah. Melihat ke atas sebagai motivasi bukan untuk jadi rendah diri. Dan melihat ke bawah agar lebih bersyukur bukan untuk menjadi tinggi hati,” papar Bupati.

Ia melanjutkan, kedua, jaga loyalitas dalam menjalankan amanah. ASN harus tetap loyal dan tegak lurus dalam mendukung kebijakan strategis kepala daerah sebagai pimpinan tertinggi dalam mewujudkan visi dan misi kabupaten Asahan.

Ketiga, bersiaplah menerima dengan lapang dada aneka kritik yang membangun maupun kritik yang memojokkan saudara. Jadikan kritikan tersebut menjadi alat untuk membuat diri saudara jadi lebih baik lagi.

“Diam dalam menghadapi kritikan jauh lebih elegan dari pada sibuk menghakimi, mencari kambing hitam ataupun mengumbar kesalahan orang lain,” sebutnya.

Mengakhiri bimbingan dan arahannya, Bupati Asahan berpesan kepada ketua tim penggerak PKK Kecamatan agar lebih memahami apa yang menjadi 10 program pokok PKK, buat inovasi dan terobosan baru, terlebih di masa pandemi covid-19. (Bagus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *