Batam, PRESTASIREFORMASI.Com – Menpan RB Tjahjo Kumolo memberikan penghargaan kepada Bupati Bungo H Mashuri SP ME setelah dievaluasi bahwa Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Kabupaten Bungo dengan Predikat B yang diserahkan di Radisson Golf & Convention Center Batam, Kota Batam, Kepulauan Riau, Senin (10/02/2020).

Nilai evaluasi atas implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) tahun 2019 berada pada posisi pradikat B dengan perolehan nilai 67,53.  Perolehan nilai ini naik 2,37 dari pada tahun sebelumnya (2018) pada posisi 65,16. Dan yang mendapatkan nilai BB di Provinsi Jambi baru Kabupaten Batanghari.

Hal ini disampaikan oleh Inspektur Kabupaten Bungo H Amrizal yang juga turut hadir pada acara penerimaan penghargaan SAKIP.

“Nilai evaluasi atas implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) tahun 2019 berada pada posisi pradikat B dengan perolehan nilai 67,53.  Perolehan nilai ini naik 2,37 dari pada tahun sebelumnya (2018) pada posisi 65,16. Dan yang mendapatkan nilai BB di Provinsi Jambi baru Kabupaten Batanghari,” kata H Amrizal melalui pesan Whatsapp.

Bupati Bungo mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang ikut berpartisipasi dalam memperoleh penghargaan tersebut.

“Assalamu’alaikum Wr Wb.. Alhamdulillah, berkat kerja keras dan kerjasama semua pihak, Kita kembali menerima Penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP AWARD) dengan Prediket B di Sport Center Batam hari ini,” kata Bupati.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Bungo kami sampaikan terima kasih kepada semua OPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Bungo, atas kerjasamanya selama ini sehingga kita bisa meraih SAKIP Award ini,” tambahnya.

Penghargaan ini bukannya mudah untuk didapatkan oleh semua daerah, ini memerlukan suatu proses yang sangat panjang bisa meraih penghargaan ini.

Hasil evaluasi yang disampaikan tentu akan menjadi sebuah pedoman bagi Pemkab Bungo sehingga capaian evaluasi SAKIP pada tahun 2020 meningkat.

“Insya-Allah, setelah ini kita langsung tindaklanjuti, sehingga semua Perangkat Daerah terus bergerak bersama untuk meningkatkan komponen SAKIP 2020,” pungkasnya.

“Sekali lagi saya ucapkan ribuan terima kasih atas kerjasama rekan-rekan OPD, dan pihak terkait yang sudah mau kerja keras selama ini,” tutup Bupati Bungo.

Untuk diketahui Penghargaan (Awards) SAKIP yang diterima Bupati Bungo H Mashuri SP ME menunjukkan bahwa kinerja birokrasi dan penyelenggaraan pemerintah di lingkungan Pemkab Bungo sudah berjalan menunjukkan hasil yang semakin baik di tiap tahunnya.

Secara rinci komponen yang dinilai meliputi Perencanaan Kinerja, Pengukuran Kinerja, Pelaporan Kinerja, Evaluasi Internal, Capaian Kinerja.

Dari hasil evaluasi, tim penilai menyatakan bahwa Pemkab Bungo telah menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan Perjanjian Kinerja untuk tingkat kabupaten, sampai ke level pejabat.

Tampak hadir pada acara tersebut selain Menpan juga ada Gubernur dan Bupati/Walikota se-Indobesia yang mendapatkan penghargaan. (hen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *