Medan, PRESTASIREFORMASI.Com – Rektor UMA, Prof. Dr. Dadang Ramzan, M.Eng, M.Sc diwakili Pembantu Rektor 3 Dr. Rizkan Zulyadi, SH,M.Hum memberikan sambutan pada acara Deklarasi Forum Silaturahmi Alumni UMA (FORSA UMA), bertempat di Aula Hotel Madani Sabtu, (2/9/2023).

Rizkan Zulyadi dalam kata sambutannya, menyampaikan, ”Peran alumni UMA dalam memberikan informasi kepada masyarakat sangat dibutuhkan, UMA sebagai tempat belajar memberikan bekal pendidikan kepada mahasiswa secara formal, selebihnya mereka mendapatkan ilmu non formal di tengah masyarakat,” ujarnya.

“Untuk itu dengan terbentuknya Forsa UMA dengan tema “Meningkatkan persaudaraan dan kebersamaan Alumni”, insha Allah memberikan ruang yang lebih untuk meningkatkan silaturahim yang melahirkan gagasan serta pemikiran yang cerdas untuk masyarakat, alumni dan almamater”, ujarnya

Dia menambahkan, pentingnya membangun kebersamaan pada alumni dan almamater.

Setelah penyerahan bendera pataka dari WR 3 UMA kepada Tauhid Ichyar sebagai Ketua Umum terpilih, dilanjutkan menyampaikan orasinya.

”Tokoh bangsa Indonesia mengatakan, “Jangan sekali-kali melupakan sejarah, artinya kita sebagai lulusan ataupun orang yang pernah mengenyam pendidikan dapat memberikan sumbangsih, ide-ide cemerlang kepada UMA”, sebut Ichyar.

“UMA sebagai almamater telah menempah kita dengan pendidikan formal. Jangan pernah melupakan bahwa kita pernah belajar bersama, membangun kebersamaan saat menjadi mahasiswa. InsyaAllah Forum Silaturahmi Alumni Universitas Medan Area (FORSA UMA) ini sebagai wadah alumni akan membangun program yang bermanfaat untuk alumni, almamater dan masyarakat”, ujarnya dalam menutup sambutannya.

Utusan PBB (United Nations Environment Programme, UNEP) Bathara Yusuf alumni ‘83 UMA juga menyampaikan orasi ilmiah pada deklarasi FORSA UMA “Peran Alumni Intlektual Dalam Mengatasi Pemasan Global yang Berpengaruh Kepada Keterediaan Pangan Nasional.

Dia menyampaikan,”Kita menempati bumi sebagai hunian dan lingkungan hidup, untuk itu betapa pentingnya kita secara terus menerus menjaga bumi dari kerusakan, sebagaimana perintah Allah SWT pada surat Al-A’raf, ayat 56”.

“Dan janganlah kamu merusak bumi setelah (diciptakan) dengan baik. Berdo’alah kepada-Nya dengan rasa takut penuh harap. Sesungguhnya rahmat Allah sangat dekat kepada orang yang berbuat kebaikan”, sebutnya lagi.

“Sebagai intlektual kita harus semakin meningkatkan kepedulian kita akan lingkungan hidup bumi”, ujar Bathara mengakhiri orasi ilmiahnya.

Kegiatan acara deklarasi dibuka dengan makan siang ditutup dengan berfoto bersama alumni dengan WR 3 UMA Dr. Rizkan Zulyadi, SH,M.Hum. (h/AA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *