Sapi yang dicuri disembelih dan jeroannya dicampakkan ke perkebunan karet. Polres Bungo dalam waktu singkat berhasil meringkus pelaku dengan sejumlah barang bukti.

Bungo, PRESTASIREFORMASI.Com – Seorang pencuri ternak berperangai sadis, karena menyembelih sapi curiannya lalu mencampakkan jeroannya begitu saja ke kebun karet. Namun tak begitu lama, Polres Bungo Unit Reskrim Polsek Pelepat Ilir berhasil meringkus maling ternak itu, Kamis (3 Desember 2020) sekira pukul 17.30 Wib.

Tersangka adalah berinisial H (35 tahun), adalah warga Dusun Lubuk Kecamatan Pelepat Ilir Kabupaten Bungo.

Hal ini dibenarkan Kapolres Bungo AKBP Mokhamad Lutfi, SIK melalui Paur Humas Polres Bungo Iptu M. Nur kepada media ini, Jum’at (04/11/2020).

Kapolres menjelaskan, kronologis kejadian berdasarkan laporan seorang warga Sarpai bin Sastro alm (58) tahun, beralamat di jalan Tanjung RT 02/01 Dusun Lubuk, Kecamatan Pelepat Ilir Kabupaten Bungo datang ke Polsek Pelepat Ilir melaporkan bahwa telah kehilangan ternaknya.

Kejadian berawal saat pelapor menitipkan sapinya dengan sistem bagi hasil kepada saksi dan saksi biasa merawat dan mengikat sapi di belakang rumahnya.

Namun pada hari Kamis tanggal 03 desember 2020 sekira pukul 05;30 WIB saksi mengecek keberadaan sapi dan mendapati sapi tersebut sudah tidak ada lagi di tempatnya.

“Selanjutnya sekitar pukul 08;00 Wib ada warga menemukan jeroan sapi di kebun karet yang berjarak sekitar 1 km dari tempat sapi tersebut diikat,” pungkasnya.

Atas kejadian tersebut korban mengalami kerugian sekitar Rp 16 juta, selanjutnya melaporkannya ke Polsek Pelepat Ilir guna pengusutan lebih lanjut.

Berdasarkan laporan tersebut Unit Reskrim Polsek Pelepat Ilir yang dipimpin Ipda Ahmad Daldiri langsung melakukan penyelidikan di lapangan dan mendapatkan informasi bahwa yang diduga pelaku sedang berada di daerah Rimbo Bujang Kabupaten Tebo.

Selanjutnya tim memancing yang diduga pelaku tersebut agar pulang ke rumahnya, setelah ditunggu kemudian yang diduga pelaku pulang ke rumahnya dan tim langsung mengamankan pelaku sedangkan teman pelaku berhasil kabur.

Laki-laki mengaku bernama Hartono bin suparman itu setelah diringkus lalu diamankan. Dia mengaku telah melakukan pencurian ternak sapi tersebut. Kemudian aparat kepolisian membawa tersangka ke Polsek Pelepat Ilir guna penyidikan lebih lanjut.

Adapun Barang Bukti yang disita yaitu satu unit roda 4 toyota kijang lgx bh 1572 ol, satu pucuk senpi rakitan jenis kecepek beserta 5 buah besi amunisi, dua bilah pisau bersarung, satu buah senter kepala, dua buah plastik berisi bubuk mesiu, 1 gulung tali plastik/rafia.

“Tersangka diancam dengan pasal 363 (1) Ke 1 KUHP, penjara paling lama 7 tahun,” tutup Kapolres. (hen)

HUKUM/KRIMINAL:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *