Taput, PRESTASIREFORMASI.COM– Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si bersama Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) terima Kunjungan Kerja (Kunker) Ketua DPD RI AA LaNyala Mahmud Mattalitti dan Anggota Komite di Sopo Rakyat Kanofi Rumah Dinas Bupati Taput, Jumat (18/09).

Di kesempatan itu Nikson Nababan mengatakan terimakasihnya atas dua lembaga negara yang sudah memberi dukungannya atas pendirian Universitas Negeri di Taput.

“Dukungan dari berbagai pihak telah kita terima, termasuk dukungan Ketua DPD RI saat ini dan sebelumnya juga pernyataan dukungan dari Ketua MPR RI. Dimana dukungan serupa telah datang berbagai stakeholder di Kabupaten Taput. Terimakasih pak LaNyala atas dukungan dimana dukungan ini merupakan upaya dalam percepatan pembangunan di kawasan Danau Toba, khususnya Taput,” ujar Bupati.

Dipaparkannya, kalau saat ini Kajian Akademis untuk Pendirian Universitas di Taput sedang dalam proses penyelesaian di Universitas Sumatera Utara (USU) dan Sucofindo.

Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si bersama Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) terima Kunjungan Kerja (Kunker) Ketua DPD RI AA LaNyala Mahmud Mattalitti dan Anggota Komite di Sopo Rakyat Kanofi Rumah Dinas Bupati Taput, Jumat (18/09).

“Semoga semua berjalan baik dan segera terealisasi,” ujar Bupati sangat nyakin.

Selain itu Bupati juga mengurai kiat untuk membuat wisatawan betah di Danau Toba dengan menciptakan paket wisata yang menarik di wilayah Tapanuli yang harus dimulai dari infrastruktur.

Menyahuti paparan Nikson Nababan ini Ketua DPD-RI LaNyala mengatakan dukungannya atas pendirian Universitas Negeri di Taput.

“Saya kesini untuk menyerap aspirasi daerah. Pertama, tentang pendidikan. Kami para senator di DPD RI mendukung Taput memiliki Universitas Negeri, dengan peningkatan status dari Institut yang ada sekarang. Kami akan lihat dimana hambatannya dan mengapa belum mendapat lampu hijau dari kementerian terkait,” ujar LaNyala.

Selanjutnya LaNyala menyampaikan bahwa kunker ini juga menyangkut Pariwisata di kawasan Geopark Danau Toba, menyangkut tata ruang dan wilayah, konsep dan pendanaanya.

“Secara khusus saya juga meminta para senator asal Sumatera untuk meluangkan waktu guna memantau dan melakukan pengawasan kegiatan rehabilitasi jalan serta penyelesaian jalan tol Siantar-Parapat sebagai bagian dari konektivitas daerah. Juga mendorong akses jalan tol trans Sumatera hingga Sibolga, dengan demikian wisatawan yang menggunakan kapal laut dan kapal pesiar yang sandar di Pelabuhan Sibolga memiliki kemudahan akses menuju Kawasan Wisata Danau Toba,” harap LaNyala.

BERITA TAPUT LAINNYA:

Dalam kesempatan itu, Ketua DPD RI juga menandatangani pernyataan dukungan pendirian Universitas di Kabupaten Taput dimana pernyataan dukungan serupa telah ditandatangani Ketua MPR RI Bambang Soesatyo pada Kunker ke Taput 28 Februari 2020 lalu.

Sebagai bentuk kepedulian para senator terhadap upaya penanganan Pandemi Covid-19, para senator juga memberikan bantuan berupa APD dari BNPB dan Kemenkes berupa masker 4000 pcs, 32 Dirigen Handsanitizer, 1500 pcs alat Rapid Test dan 400 set baju Hazmat yang diterima langsung oleh Bupati Taput.

Sebagai rasa bangga atas kunjungan DPD RI ke Taput, Bupati Taput menyematkan seperangkat pakaian adat lengkap kepada LaNyala beserta tongkat Tunggal Panaluan.

Di hari Kedua kunker di Taput, Ketua DPD RI LaNyala Mahmud Mattalitti dan anggota mengunjungi kawasan wisata Danau Toba Hutaginjang sebagai bagian dari Geopark Danau Toba.(Jas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *