Samosir, PRESTASIREFORMASI.COM – Setelah objek wisata mulai dibuka untuk wisatawan Nusantara (Wisnu) sejak 31 Juli 2020, kini secara bertahap mulai pembukaan sekolah tingkat SMP di seluruh kecamatan di Kabupaten Samosir. 

Informasi tersebut diperoleh dari Kadis komimfo kabupaten Samosir Rohani Bakara, disampaikan kepada wartawan melalui WhatApss perihal beberapa kegiatan yang sedang dilaksanakan di masa new normal, Senin (10/8).

Pasca pernyataan Satuan Tugas Covid-19 menyatakan Kabupaten Samosir adalah zona hijau dan aman dari Covid-19, dinas pendidikan setempat akhirnya mengizinkan kembali para siswa masuk sekolah dengan belajar tatap muka.

Untuk pelajar SMP sudah mulai belajar kembali pada Jumat, 7 Agustus 2020 di seluruh Kabupaten Samosir. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Samosir Rikardo Hutajulu mengakui itu seperti dilansir Tagar.

“Setelah rapat koordinasi dengan tim gugus Samosir serta para kepala sekolah pada Rabu lalu, kami kembali mengizinkan anak sekolah tingkat SMP untuk mengikuti sekolah tatap muka,” ujar Rikardo, Jumat (7 Agustus 2020.)

Menurut Rohani Bakara, kebijakan mengizinkan Wisnu berkunjung ke objek wisata dan disusul pembukaan SLTP di kabupaten Samosir, menimbang daerah tersebut sampai kini masi berstatus zona hijau.

Hingga sampai hari Senin (10/8/2020), jumlah suspek masih tetap 1 orang, konfirmasi nihil, sembuh 1 orang, dan meninggal nihil.

Walau demikian, Satgas Penanganan Covid-19 Samosir mengimbau seluruh masyarakat di kabupaten Samosir untuk tetap waspada dan terjaga selama masa uji coba.

“Kita berharap suspek ini dapat segera sembuh dan negatif konfirmasi. Kita jangan lengah dengan tetap melakukan protokol kesehatan secara ketat ketika berada di ruang-ruang publik untuk beraktivitas,” ujar Rohani.

Disebutkan, Satgas Penanganan Covid-19 akan tetap melakukan pemeriksaan bagi pelaku perjalanan ke Samosir melalui pintu masuk jalur darat dan danau selama pandemi, untuk memastikan minimal pengukuran suhu tubuh dilakukan secara ketat dan disinfektanisasi fokus ruang-ruang publik untuk seluruh aktivitas yang telah dibuka secara resmi melalui surat edaran Bupati Samosir.

Pelajar SMP di Samosi mulai belajar di sekolah. (Foto:Tagar)

Dalam masa uji coba peran utama individu adalah tetap menggunakan masker ketika berkegiatan di luar rumah, sering mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir, jaga jarak interaksi (1-2 meter), dan meningkatkan daya tahan tubuh dengan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Standar minimal ini, sebut Kadis Kominfo Samosir ini, wajib kita patuhi dan selaras dengan Inpres No. 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

Lebih jauh, tindak lanjut Inpres No 6 Tahun 2020 akan diterbitkan Perbup yang memuat ketentuan antara lain:

  • (a) meningkatkan sosialisasi secara masif penerapan protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dengan melibatkan masyarakat, pemuka agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, dan unsur masyarakat lainnya;
  • (b) menyusun dan menetapkan peraturan gubernur/peraturan bupati/wali kota;
  • (c) dalam penyusunan dan penetapan peraturan gubernur/peraturan bupati/wali kota sebagaimana dimaksud pada huruf b, memperhatikan dan disesuaikan dengan kearifan lokal dari masing-masing daerah;
  • (d) dalam pelaksanaan, penerapan sanksi peraturan gubernur/peraturan bupati/wali kota, melakukan koordinasi dengan Kementerian/Lembaga terkait, Tentara Nasional Indonesia, dan Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Kadis Kominfo Samosir ini menegaskan, Satgas Penanganan Covid-19 Samosir tetap mengimbau agar seluruh masyarakat Samosir mematuhi aturan hukum yang mengikat melalui Perbup yang akan dikeluarkan di Kabupaten Samosir.

“Untuk itu, mari kita lakukan bagian kita sebagai masyarakat dan Pemkab Samosir sebagai organ pemerintah untuk peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19. Semua ini bertujuan untuk kebaikan kita bersama untuk tetap produktif dan aman dari Covid-19,” pungkas Rohani Bakara.


Data Perkembangan Covid-19, Senin (10/8)

Nasional

  • Konfirmasi : 1.687  orang (127.083)
  • Sembuh : 1.284 orang (82.236)
  • Meninggal Dunia: 42 orang (5.765)

Provinsi Sumatera Utara

  • Konfirmasi (+) : 129 orang (4.948)
  • Sembuh : 27 orang (2.098)
  • Meninggal Dunia : 1 orang (225)

Kabupaten Samosir

  • Suspek : 1 orang
  • Konfirmasi : Nihil
  • Sembuh : 1 orang 
  • Meninggal Dunia : Nihil. ( Hots )

BACA JUGA:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *