Taput,PRi.com- Setelah Tarutung sebagai ibu kota Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Bupati Drs. Nikson Nababan, M. Si didampingi Sekda Indra Sahat Simaremare, Pasi OPS Kodim 0210/TU Jhonny L. Lumbantoruan dan Kabag OPS Polres Taput Kompol Gamal, tinjau pelaksanaan sosialisasi untuk cegah penyebaran Covid-19 di Siborongborong, Minggu sore (22/03).

Bupati yang juga didampingi para pimpinan OPD, Tim Gugus Tugas Penanganan Virus Corona Taput dan Camat Siborongborong Josua Napitupulu melakukan sosialisasi pada 2 titik yaitu terminal dan Tugu Ombus-ombus, Kelurahan Pasar Siborong-borong.

Dikesempatan itu Alat Pelindung Diri (APD) juga dibagikan berupa masker produk Balai Latihan Kerja (BLK) Silangkitang Kecamatan Sipoholon.

Bupati menginstruksikan agar seluruh area publik dilakukan penyemprotan disinfektan termasuk lokasi Terminal dan Pasar Siborong-borong. Bahkan beliau berharap supaya berbagai APD diproduksi lebih banyak sehingga dapat dibagikan kepada masyarakat.

“Kita akan tetap memberikan edukasi kepada masyarakat agar tetap waspada, membiasakan diri bagaimana cara hidup bersih. Selain melakukan disinfektanisasi area publik, Pemerintah Kabupaten Taput berupaya untuk pengadaan APD berupa masker dan handsanitizer hasil produksi sendiri.

” Saat ini kita juga menyediakan wastafel mobile pada 2 titik tersebut, selanjutnya akan ditambah lagi pada titik keramaian, semoga upaya ini memberikan manfaat yang positif. Kita akan konsisten untuk mengupayakan semaksimal mungkin mencegah penyebaran virus corona, mari kita berjuang bersama serta berdoa agar virus ini tidak sampai ke daerah kita ini,” ucap Bupati.

Camat Siborong-borong bersama para Kepala UPT Puskesmas Kesehatan turut serta memperagakan kepada masyarakat sekitar dan para pelintas tentang cara bagaimana membersihkan tangan dengan benar.

Bahkan, Bupati menyempatkan diri sidak kondisi Pasar Siborong-borong dan beri instruksi kepada petugas untuk tetap fokus menjaga kondisi pasar agar semakin bersih dan teratur.

Dalam kaitan Covid-19, Berbagai upaya telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Taput yang bekerjasama dengan Ormas juga stekholder lainnya seperti Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT) untuk mencegah penyebaran Virus Corona ini.

Bahkan Pemerintah daerah telah buka Donasi dengan ” Taput Hebat Bersatu Melawan Covid-19″ melalui Bank Sumut dengan Rekening No.32002040176400.

Dimana para donasi setelah transfer dianjurkan mengirimkan bukti transfernya melalui WA 08116262389 a/n Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Taput. Dana ini akan dipergunakan untuk keperluan mendesak membeli Alat Pelindung Diri seperti Masker, Handsanitizer, Cairan Disinfektan dan lainnya.

Apa yang sudah dikerjakan oleh Nikson Nababan dan istri ini sangat diapresiasi masyarakat Taput termasuk di saat membuka Dapur Umum di Gedung Nasional Tarutung, 24 Maret 2020, mereka langsung membagikan minuman Sehat Wedang Jahe kepada seluruh camat dan kepala desa untuk diberikan kepada masing-masing warganya.

Dikesempatan itu Bupati menganjurkan agar masyarakat segera membudi dayakan ” TOGA” (Tanaman Obat Keluarga) seperti Jahe, Kunyit, Temu Lawak, Serewangi dan lainnya,” karena tanaman ini sangat bermanfaat untuk menangkal dan mengobati beragam penyakit”, kata Bupati.

Mengiringi langkah Bupati yang seakan tidak mengenal lelah itu, ada diantara pemerhati Masyarakat daerah ini yang memberi masukan bahkan mengusulkan kepada Bupati Taput, agar Dana APBD segera dimanfaatkan untuk upaya mencegah penyebaran Virus yang telah menghantui warga tersebut, tentu bila Belanja Tidak Terduga untuk bencana tidak mencukupi.

” Sesuai dengan kondisi, maka dana APBD baik Kota dan Kabupaten dapat dipergunakan untuk pencegahan penyebaran Covid-19 seperti apa yang disarankan kepala Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumut Riadil Akhir Lubis 20 Maret 2020 di Medan. Katanya penggunaan APBD telah dipayungi Surat Edaran Menteri Dalam Negeri” tegas Simanjuntak di Tarutung (24/3), seraya mengingatkan agar semua warga Taput dapat maksimal menyetop penyebaran Virus Corona ini.(Jas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *