Dairi, prestasireformasi.com – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi Ny. Romy Mariani Eddy Berutu berharap Desa Belang Malum Raih Prestasi di Tingkat Provinsi.

Ny. Romy Mariani Eddy Berutu menyampaikan hal tersebut saat Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi berkunjung ke Desa Belang Malum Kecamatan Sidikalang, Selasa (17/3/2020) dalam rangka Pembinaan PKK Kabupaten Dairi.

Dia mengatakan Desa Belang Malum ditunjuk oleh PKK Kabupaten Dairi untuk yang kedua kalinya sebagai desa percontohan pemanfaatan halaman dan pekarangan hatinya PKK ditetapkan sesuai dengan SK Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu.

Untuk itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi berharap kepada Desa Belang Malum agar ditahun 2020 ini harus lebih bersemangat sehingga dapat meraih juara ditingkat Provinsi Sumatera Utara.

“Untuk mendapatkan juara I, 80% masyarakat harus ikut berpartisipasi yang ditunjukkan mulai dari rumah masing-masing. Misalnya, khusus di Dusun I Desa Belang Malum khusus untuk menanam sayur sayuran,” ujarnya.

Hatinya PKK, katanya, merupakan suatu gerakan masyarakat dengan memanfaatkan halaman disekitar rumah dengan tanaman pangan dan tanaman produktif yang bernilai ekonomis tinggi minimal untuk memenuhi keperluan serta meningkatkan tanaman obat keluarga (toga).

Menurut Ny. Romy Mariani Eddy Berutu, Hatinya PKK dapat terwujud melalui sarana gotong royong serta seluruh keluarga dapat mengoptimalkan tanaman pangan yang nantinya dapat bernilai ekonomi tinggi serta dapat juga digunakan untuk meningkatkan gizi masyarakat pada umumnya dan keluarga pada khususnya.

Selain itu, lomba Hatinya PKK juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat memanfaatkan lahan sebagai lumbung hidup, warung hidup, tanaman obat keluarga, peternakan dan perikanan bagi keluarga dalam mewujudkan ketahanan pangan keluarga.

“Untuk pelaksanaannya harus dari masyarakat, menggerakkan masyarakat inilah yang menjadi tugas ibu ibu PKK,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Desa Belang Malum Sehat Hutauruk dalam kesempatan tersebut mengatakan sangat berterimakasih kepada Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi karena telah kembali menunjuk Desa Belang Malum sebagai desa percontohan pemanfaatan halaman dan pekarangan Hatinya PKK yang akan diperlombakan di tingkat Provinsi Sumatera Utara.

Untuk itu, Kepala Desa berharap dukungan dari berbagai pihak agar nantinya Desa Belang Malum dapat meraih prestasi di tingkat Provinsi Sumatera Utara.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Camat Sidikalang Robot Simanullang, Tokoh Masyarakat Desa Belang Malum, Anggota PKK Kabupaten Dairi serta Anggota PKK Desa Belang Malum.(Nur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *