Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Belawan berdiri di tengah, GM PT Pelindo I Cabang Belawan (kanan) Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Medan.

Belawan, prestasireformasi – Berkaitan dengan mewabahnya virus corona (Covid-19), Kantor Kesyahbandaran Kelas Utama Belawan secara terkoordinasi dengan instansi terkait mengambil langkah- penyatuan protokol.

Langkah-langkah tersebut bertujuan untuk melakukan deteksi, pencegahan dan pengamanan terhadap Covid-19.

Hal itu dikatakan Kepala Kantor Kesyahbandaran Kelas Utama Belawan Basar Anton di ruang kerjanya, Jalan Veteran Belawan, Selasa (10/03) usai memimpin rapat terkoordinasi dengan pejabat instansi terkait Pelabuhan Belawan.

Dalam kesempatan memberikan keterangan pers siang itu, Kakan Kesyahbandaran Kelas Utama Belawan didampingi General Manager PT.Pelindo I Cabang Belawan Yarham Harid dan Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Medan Priagung AB.

“Langkah-langkah antisipasi terhadap kemungkinan masuknya virus covid-19 ini kita sinkronkan di Pelabuhan Belawan karena Pelabuhan Belawan sebagai salah satu pelabuhan yang menjadi pintu masuknya Covid-19 dari China selaku negara asal usul mewabahnya virus corona,” ujar Basar Anton.

Disebut, sehingga pada kesempatan ini KSO Kantor Kesyahbandaran Kelas Utama Belawan telah melakukan rapat terkoordinasi dengan unsur terkait Pelabuhan Belawan tentang deteksi, penanganan dan pencegahan covid-19.

“Kita bekerja sama dengan Karantina Pelabuhan Belawan, Pelindo I. Kita akan bentuk tim satgas bersama dalam rangka langkah-langkah apa yang akan kita lakukan di dalam satgas bersama ini,” lanjutnya.

Kemudian kesiapan sarana dan prasarana serta fasilitas fasilitas yang berkaitan dengan deteksi, pencrgahan dan pengamanan terhadap kapal-kapal dan ABK yang berasal dari Negara-negara sumber mewabahnya Virus Covid-19 seperti China, Iran, Korea, Italy.

“Ini kita awasi. Kita deteksi lebih awal bekerja sama dengan KKP, Pelindo I, stakeholder, asosiasi dan INSA,” ungkap Basar.

Kemudian langkah-langkah yang perlu kita ambil yaitu membuat SOP berdasarkan protokol sebagai pencegahan mewabahnya Virus Corona di Wilayah Sumatera Utara melalui Pelabuhan Belawan.

“Selain itu juga membuat media penerangan dan brosur untuk infotmasi kepada lapisan masyarakat.” ujar Kepala Kantor Kesyahbandaran Kelas Utama Belawan Basar Anton. (masri tanjung)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *