Belawan, prestasireformasi.com – Wakil Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Wadanlantamal) I Kolonel (PM) Samista, S.H. didampingi oleh Ketua Tim dari Staf Potensi Maritim (Spotmar) Mabesal membukaPelatihan, Pendampingan dan Evaluasi Program Reformasi Birokrasi Bidang Pelayanan Publik dari Spotmar Mabesal di Gedung R. Mulyadi Mako Lantamal I Belawan Sumut, Selasa (10/03/20)

Acara itu dihadiri seluruh Pejabat Utama Lantamal I, secara tertulis Komandan Lantamal I, Laksamana Pertama TNI Abdul Rasyid K, S.E., M.M mengatakan, “Dengan adanya tuntutan reformasi birokrasi di semua bidang atas hak pelayanan yang berkualitas dan cepat pada setiap warga negara dan hal ini harus diprioritaskan Karena publik menginginkan pelayanan yang baik.”

Ia menambahkan, untuk itu diperlukan sosialisasi dan pelatihan serta penilaian yang dilaksanakan oleh Staf Potensi Maritim bidang pelayanan publik, terutama standar dan budaya pelayanan yang bermuara pada kepuasan, transparansi dan akuntabel. Hal ini merupakan indikator dari pelayanan publik yang prima dan menjadi tujuan pelaksanaan program reformasi TNI AL.

Danlantamal I menginstruksikan kepada seluruh peserta agar mengikuti kegiatan tersebut dengan sungguh-sungguh sehingga target dan sasaran program kegiatan reformasi birokrasi bidang pelayanan publik tahun 2020 dapat tercapai.

Pada kesempatan tersebut, katim Pelatihan, Pendampingan dan Evaluasi Program Reformasi Birokrasi Bidang Pelayanan Publik, Letkol Laut (S) Ahmad Nasrudin, S.T., M.Tr. Han membacakan sambutan Aspotmar Kasal, Mayjen TNI (Mar) Yuniar Ludfi.

Ia mengatakan, “Seiring dengan tuntutan reformasi birokrasi di segala bidang, dimana hak atas pelayanan yang berkualitas pada setiap diri warga negara sangatlah diutamakan, karena publik menginginkan pelayanan yang baik dan benar dalam setiap pelayanan yang diterima.”

Disebutkan, Spotmar di bidang layanan publik ini difokuskan pada standar pelayanan, budaya pelayanan prima sampai dengan pengisian formulir yang disiapkan oleh Tim Pelayanan Publik (Yanlik) Spotmar yang kesemua bermuara pada tingkat kepuasan menerima layanan yang diberikan oleh satker.

“Indikator kinerja bukan hanya tentang penyerapan anggaran, tetapi lebih kepada hasil kerja yang inovatif dalam pelayanan publik sehingga kinerja pelayanan publik sangat besar pengaruhnya terhadap kualitas satker, dimana pelayanan publik harus lebih responsif terhadap dinamika yang terjadi di lingkungan tiap-tiap satker,” ujarnya.

Pelatihan, Pendampingan dan Evaluasi Program Reformasi Birokrasi Bidang Pelayanan Publik diikuti 50 peserta yang terdiri dari Para Kadis/Kasatker, Pamen dan Pama Lantamal I Belawan akan berlangsung selama dua hari, dimana akan dijelaskan hal-hal yang berkaitan dengan pelayanan publik yang dipaparkan oleh Katim dan Pabandya Kommas Ban IV Komsosmar Spotmar TNI AL, Letkol Laut (PM) Priyo Yudono, S.H., M.M.

Ketua Panitia, Kadispotmar Lantamal I Belawan, Letkol Laut (KH) Rotua Pandapotan menyampaikan, pemapar dari Spotmar Mabesal akan memberikan materi paparan diantaranya Kegiatan Unit Pelayanan Publik, Penyiapan Pembangunan Unit Pelayanan Publik Terpadu, Proses Pelayanan Publik Terpadu, Penyiapan Pembangunan Unit Pelayanan Publik di Satker Terpilih dan di akhir kegiatan esok hari akan dilaksanakan Evaluasi Pelayanan Publik. (tanjung/rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *