Ini Tanaman yang Cepat Bersihkan Udara di Ruangan

PRi.Com – Ruangan juga tak lepas dari senyawa kimia yang mengganggu pernapasan. Untuk membersihkan udara, bisa dengan meletakkan spider plant.

Dosen Fakultas Farmasi, Universitas Muslim Indonesia, Ahmad Najib SSi MFarm Apt menuturkan, tanaman dengan nama lain lili paris ini bisa digunakan sebagai air conditioner alami. Tanaman ini mampu menyerap karbonmonoksida hingga 96 persen.

Secara alamiah tanaman memang dapat membersihkan udara melalui fotosintesisnya. Pada spider plant kemampuan detoksifikasinya begitu besar.

Seperti diketahui, karbonmonoksida begitu berbahaya jika terhirup. Bisa menyebabkan pusing hingga kematian. Tanaman ini juga sangat baik diletakkan di ruangan ber AC karena di ruang ber AC tak ada penyaringan udara yang maksimal karena ruangan jarang terbuka.

Pada kasus keracunan di dalam mobil akibat ruangan ber AC, menaruh spider plant bisa menjadi alternatif baik. “Senyawa kimia tersebut diganti dengan oksigen sehingga ruangan akan terasa lebih sejuk juga. Jadi ada proses filtrasi atau penyaringan di dalam ruangan,” ungkapnya.

Perawatannya pun tak terlalu sulit karena daunnya yang kecil sehingga hanya perlu menyiram dua hari sekali dan hanya butuh sedikit cahaya matahari yang masuk ke ruangan.

Bisa menaruh hingga 4 tanaman dalam ruangan 10×10 meter sembari melihat unsur estetika dalam peletakan tanaman tersebut.

Selain itu juga bisa digunakan untuk menyaring udara. Akar spider plant juga bisa dikonsumsi sebagai obat antikanker. Sifat antiproliferasinya bisa menghambat pertumbuhan sel yang tidak terkendali dan sangat bagus jika dikonsumsi setiap hari.

Berdasarkan bukti empiris, cara konsumsinya yakni dengan mengambil satu rimpang akar yang telah dicuci bersih. Direbus dengan dua gelas air hingga menjadi satu gelas air. “Sangat baik untuk pencegahan,” ujarnya. Akarnya sejak dahulu sudah digunakan masyarakat secara tradisional untuk pengobatan. (h/Fajar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: