Bungo, PRESTASIREFORMASI.Com – Kadis Kesehatan dr. H. Safaruddin Matondang, M.PH melepas Rombongan Pelatihan Limbah Fasyankes Dinas Kesehatan Kabupaten Bungo yang akan berangkat ke Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Jambi.

Acara pelepasan ini dilaksanakan di ruang Rapat Dinas Kesehatan Bungo, Minggu (23/06/2024).

Tampak hadir pada kegiatqn pelepasan ini, selain Kadis Kesehatan juga ada Kabid Kesmas Ns. Mufazoh, S.Kep para staf dan peserta yang mengikuti pelatihan ke Jambi.

Dalam arahannya Kadis Kesehatan dr Safaruddin mengatakan bahwa selama ini pelatihan-pelatihan selalu dipusatkan di Bapelkes Jambi.

“Jadi kegiatan pelatihan ini diharapkan untuk meningkatkan kompetensi petugas kesehatan di seluruh puskesmas lainnya yang diakomodir anggarannya di DAK tahun 2024,” kata Safaruddin.

Pelatihan ini memang selalu dipusatkan di Bapelkes karena sudah terakreditasi untuk pengelolaan kegiatan Diklat di Balai Pelatihan,”jelasnya lagi.

Lebih rinci lagi Kadis Kesehatan mengatakan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi petugas kesehatan keliling dalam rangka pengelolaan limbah yang lebih baik ke depannya semoga nantinya. Mereka setelah mengikuti pelatihan diklat yang didapatkan dari para narasumber Bapelkes Jambi yang memberikan kontribusi ilmu kepada kawan-kawan petugas Kesehatan Lingkungan (Kesling) dengan baik tentunya.

“Saya tekankan supaya mereka betul-betul memahami regulasi yang ada mulai dari Permenkes yang begitu banyak terkait dengan limbah dan juga Peraturan Bupati,” tegas Kadis.

Kalau memang ini terakomodir sesuai dengan pengelolaan limbah, tentu ini juga kami berharap tetap ada penguatan dari Dinas LH dengan berkolaborasi untuk pengelolaan limbah yang baik ke depannya,”pungkas Safaruddin.

Untuk diketahui anggota yang berangkat diambil dari masing-masing satu puskesmas yaitu 19 puskesmas di tambah dati Rumah Sakit H. Hanafie dan Rumah Sakit yang baru mulai bergerak yaitu Rumah Sakit Rantau Ikil Kecamatan Jujuhan dan Rumah Sakit Kuamang Kuning Kecamatan Pelepat Ilir. (hen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *