Sibolga,PRESTASIREFORMASI.COM — Staf Tata Usaha Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Barus mengikuti kegiatan coaching dan monitoring penggunaan aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI), pemenuhan data dukung ERB serta terkait data aset dan keuangan dengan pendampingan oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatera Utara, Selasa (06/02-2024).

Kegiatan yang di selenggarakan di Kantor Imigrasi Kelas II Sibolga ini bertujuan agar dapat mendukung pengelolaan arsip dan Tata Kelola Pemerintahan Berbasis Elektronik, memudahkan penyimpanan dan penemuan kembali arsip, penghematan kertas yang berarti juga penghematan anggaran, mengatasi arsip yang menumpuk yang berarti menghemat ruang penyimpanan arsip, memudahkan koordinasi dan komunikasi serta pengiriman dokumen antar dinas, dan juga tidak ada batas ruang dan waktu dimanapun kapanpun. Demikian disampaikan Humas Lapas Barus Ivan Kevin Wiranata Suyapit melalui rilisnya kepada Prestasireformasi. Com Rabu, 7/2-2024.

Dijelaskan, Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi atau SRIKANDI merupakan aplikasi yang diluncurkan Pemerintah sebagai aplikasi umum bidang kearsipan yang dapat mendukung pengelolaan arsip dan tata kelola pemerintahan berbasis elektronik.

Aplikasi tersebut jelas Humas Lapas Barus itu, merupakan hasil kolaborasi antara Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), dan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemkominfo).

Dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapar meningkatan mutu penyelenggaraan kearsipan seluruh UPT pada Kanwil Kemenkumham Sumut sehingga mampu mewujudkan program reformasi birokrasi yaitu membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis, terpercaya, akuntabel dan transparan.tutupnya.(Zurlang /ril)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *