sharethis sharing button
Bupati Nias Barat Audiensi Ke Menteri Kesehatan RI

Nias Barat, PRESTASIREFORMASI.Com – :Bupati Nias Barat terus melakukan berbagai upaya untuk pemenuhan tenaga medis dan alat kesehatan pada fasilitas pelayanan kesehatan, baik di Rumah Sakit Pratama maupun di Puskesmas yang ada di Kabupaten Nias Baratsalah, salah satunya dengan melakukan audensi dengan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin.

Audensi tersebut dilakukan Bupati Khenoki Waruwu pada Kamis (21/12/2023) sore di Ruang Kerja Menteri Kesehatan Lantai 2 Gedung Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan Kementerian Kesehatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Dikutip dari fanpage Diskomnfo Nias Barat Kunjungan audensi Bupati Nias Barat diterima langsung Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin didampingi 3orang Direktur Jenderal (Dirjen) dan 1 (satu) orang Direktur, yaitu Dirjen Pelayanan Kesehatan Azhar Jaya, Dirjen Kesehatan Masyarakat Maria Endang Sumiwi, Dirjen Tenaga Kesehatan Arianti Anaya dan Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan Yuli Astuti Saripawan.

Pada kesempatan itu, Bupati Khenoki Waruwu menyampaikan kepada Menteri Kesehatan gambaran umum pelayanan kesehatan dan ketersidiaan tenaga medis serta fasilitas kesehatan yang ada di Nias Barat.

Ia melaporkan bahwa di Nias Barat saat ini telah ada 2 unit Rumah Sakit Pratama dan 13 unit Pusat Pelayanan Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang masih belum optimal dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat karena terbatasnya jumlah tenaga medis, baik dokter umum maupun dokter spesialis. Begitu juga fasilitas kesehatan pada fasilitas pelayanan kesehatan yang ada, jumlahnya masih terbatas.

“Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, kami memohon dan mengharapkan agar Bapak Menteri memberikan perhatian khusus bagi Kabupaten Nias Barat terutama dalam pemenuhan jumlah tenaga dokter umum dan dokter spesialis serta pemenuhan fasilitas kesehatan pada Rumah Sakit Pratama dan Puskesmas di Nias Barat,” ucap Bupati.

Merespon permohonan dan usulan Bupati Nias Barat, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan Kementerian Kesehatan berkomitmen untuk memfasilitasi penyediaan tenaga kesehatan khususnya dokter spesialis dan dokter umum di Nias Barat, baik melalui program beasiswa, pengangkatan melalui penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) maupun penugasan khusus dari Kementerian Kesehatan.

Sedangkan, terkait penyediaan fasilitas dan sarana prasarana kesehatan, secara bertahap mulai tahun depan akan dipenuhi. (h/Masyhur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *