Kutacane/Aceh Tenggara, PRESTASIREFORMASI.Com – Universitas Nurul Hasanah (UNH) Kutacane, Aceh Tenggara, mengadakan acara buka puasa bersama di aula Universitas yang dihadiri sekitar 150 sivitas akademika, mahasiswa dan tamu undangan, Kamis (13/4/2023).

Tampak hadir Hj.Murniati, S,Kep, M.Kes Ketua Dewan Pembina Yayasan Nurul Hasanah; Drs. H Darmansyah, MM Ketua Yayasan Nurul Hasanah; Rektor Universitas Nurul Hasanah Dr.H Yohny Anwar,MM.,MH , para Dekan, Kepala LPMU, Ketua Program Studi dan para Kepala Biro.

Rektor Universitas Nurul Hasanah Dr.H Yohny Anwar,MM.,MH

Turut hadir Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM, sejumlah mahasiswa mahasiswa/i Universitas Nurul Hasanah, serta para tamu undangan lainnys.

Rektor Universitas Nurul Hasanah Dr.H Yohny Anwar,MM.,MH , sebelum berbuka puasa memberi kata sambutan, menyampaikan rasa hormat dan ucapkan terima kasih atas kehadiran segenap unsur sivitas skademika.

.”Dengan segala kerendahan hati, marilah kita senantiasa memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Pengasih dan Maha Pemurah, atas limpahan karunia, rahmat dan hidayah-Nya, kita dapat bersama-sama menghadiri upacara berbuka puasa bersama civitas akademika Unuversitas Nurul Hasanah, di Aula UNH yang cukup megah ini dalam keadaan sehat walafiat,” ujar Yohny.

Rektor UNH ini mengaku, sore ini merasa sangat berbahagia dapat berkumpul bersama untuk melaksanakan kegiatan buka bersama.

“Sebenarnya, bukan buka dalam arti makan bersama yang menjadi urgensi kegiatan ini melainkan silaturahmi. Bulan suci ini adalah kesempatan bagi kita untuk dapat menyempatkan diri menjalin silaturahmi.,” ungkapnya.

Dia menambahkam, selain makna silaturrahmi maka ada beberapa keutamaan bulan suci Ramadhan ini, antara lain :

  1. Bulan diturunkannya Alquran
    Ini adalah keutamaan bulan Ramadan yang paling istimewa, sebab menjadi bulan pertama kalinya diturunkan Alquran.
    Allah SWT berfirman:
    شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَىٰ وَالْفُرْقَانِ
    Artinya: “Beberapa hari yang ditentukan itu, yaitu bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda antara yang hak dan yang batil, (QS Al-Baqarah: 185).
  2. Setan dibelenggu, pintu neraka ditutup dan pintu surga dibuka
    Rasulullah SAW bersabda:
    عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ رضى الله عنه أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ إِذَا جَاءَ رَمَضَانُ فُتِّحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ وَصُفِّدَتِ الشَّيَاطِينُ
    Artinya: “Apabila Ramadan tiba, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan pun dibelenggu, (HR. Bukhari dan Muslim).
  3. Terdapat malam Lailatul Qadar
    Pada bulan Ramadan, terdapat malam yang lebih baik dari seribu bulan atau sama dengan 83 tahun 4 bulan, yaitu lailatul qadar atau malam kemuliaan.
    Waktu diturunkannya Alquran juga terjadi pada saat malam lailatul qadar.
    Allah SWT berfirman:
    اِنَّآ اَنْزَلْنٰهُ فِيْ لَيْلَةِ الْقَدْرِ. وَمَآ اَدْرٰىكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِۗ. لَيْلَةُ الْقَدْرِ ەۙ خَيْرٌ مِّنْ اَلْفِ شَهْرٍۗ
    Artinya: “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Alquran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan).
  4. Salah satu waktu terbaik untuk dikabulkannya doa
    Keutamaan bulan Ramadan ini dijelaskan oleh Rasulullah SAW, beliau bersabda: إِنَّ لِلّهِ فِى كُلِّ يَوْمٍ عِتْقَاءَ مِنَ النَّارِ فِى شَهْرِ رَمَضَانَ ,وَإِنَّ لِكُلِّ مُسْلِمٍ دَعْوَةً يَدْعُوْ بِهَا فَيَسْتَجِيْبُ لَهُ
    Artinya: “Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadan, dan setiap muslim apabila dia memanjatkan doa maka pasti dikabulkan,” (HR. Al Bazaar dengan para perawi yang tsiqah).
    Dalam hadis yang lain tentang terkabulnya doa di bulan Ramadan, Rasulullah SAW bersabda: ثَلاَثَةٌ لاَ تُرَدُّ دَعْوَتُهُمُ الصَّائِمُ حَتَّى يُفْطِرَ وَالإِمَامُ الْعَادِلُ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ
    Artinya: “Tiga orang yang doanya tidak tertolak; orang yang berpuasa sampai ia berbuka puasa, pemimpin yang adil, dan doa orang yang dizalimi,” (HR. Tirmidzi; HR. Hasan).
  5. Bulan yang penuh ampunan
    Rasulullah SAW bersabda:
    وَعَنْهُ ، عَنِ النَّبِيِّ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – ، قَالَ : (( الصَّلَوَاتُ الخَمْسُ ، وَالجُمُعَةُ إِلَى الجُمُعَةِ ، وَرَمَضَانُ إِلَى رَمَضَانَ ، مُكَفِّراتٌ مَا بَيْنَهُنَّ إِذَا اجْتُنِبَتِ الكَبَائِرُ )) رَوَاهُ مُسْلِمٌ.
    Artinya: “Dari salat (ke salat) yang lima waktu, dari Jumat ke Jumat, dari Ramadan ke Ramadan, semua itu dapat menghapuskan (dosa-dosa) di antara waktu tersebut, jika menjauhi dosa-dosa besar,” (HR Muslim no. 233).
  6. Bulan yang penuh Syafaat
    Rasulullah SAW bersabda:
    الصِّيَامُ وَالْقُرْآنُ يَشْفَعَانِ لِلْعَبْدِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ يَقُولُ الصِّيَامُ أَيْ رَبِّ مَنَعْتُهُ الطَّعَامَ وَالشَّهَوَاتِ بِالنَّهَارِ فَشَفِّعْنِي فِيهِ وَيَقُولُ الْقُرْآنُ مَنَعْتُهُ النَّوْمَ بِاللَّيْلِ فَشَفِّعْنِي فِيهِ قَالَ فَيُشَفَّعَانِ
    Artinya: “Puasa dan Alquran itu memintakan syafaat bagi seseorang hamba di hari kiamat.
  7. Bulan penuh berkah yang berlimpah Pahala
    Rasulullah SAW bersabda:
    عنْ أَبِي أَيُّوبَ الْأَنْصَارِيِّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: “مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ
    Artinya: “Siapa yang berpuasa (pada bulan) Ramadan, maka satu bulan sama seperti sepuluh bulan.
  8. Terdapat Ibadah Sunah Salat Tarawih
    مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ
    “Barang siapa ibadah (tarawih) di bulan Ramadhan seraya beriman dan ikhlas, maka diampuni baginya dosa yang telah lampau,” (HR al-Bukhari, Muslim, dan lainnya).
  9. Terjadi peristiwa Perang Badar yang berdampak besar pada kemuliaan Islam
Al Ustadz sampaikan tausiyah sebelum berbuka puasa.

Yohny Anwar menguraikan, selain keutamaan bulan suci Ramadhan itu maka terdapat korelasi dan ibrah (pelajaran) yang sangat kuat antara puasa Ramadhan dengan nilai-nilai yang ada dalam pendidikan , antara lain :

  1. Nilai Kejujuran
  2. Nilai Kerja Keras
  3. Nilai Disiplin
  4. Kesabaran
  5. Rasa Syukur
  6. Kesetaraan
  7. Menyuruh menuntut ilmu
  8. Mendidik Empati
    Sebelum sambutan ini saya akhiri, izinkan saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada para mahasiswa sebagai panitia acara buka puasa bersama ini. Semoga kegiatan ini menjadi amal dan mendapat balasan yang berlimpah dari Allah SWT. Amin

Mengakhiri kara sambutan Rektor Universitas Nurul Hasanah Dr.H Yohny Anwar,MM.,MH , menyampaikan beberapa bait pantun :

“Paling nikmat menjalankan sholat tasbih
Diakhiri dengan membaca do’a selamat
Walau para hadirin terlihat capek dan letih
namun tetap nampak cakap dan bersemangat”

“Bulan puasa utamanya bersedekah
Berharap juga berjumpa malam qadar
Kita do’akan puasa ini membawa berkah
Kelak melahirkan mahasiswa bertaqwa dan sabar”.

“Wabillahi taufik wal hidayah, assalmmualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,” pungkas Yohny Anwar yang juga Ketua DPW Paguyuban Pasundan Sumatera Utara ini.

Kegiatan buka puasa bersama berlangsung hikmad dan kekeluargaan dilanjutkan dengan sholat Maghrib berjamaah dan makan malsm. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *