Tersandung Status Kewarganegaraan, Ini Alasan Bupati Sabu Raijua Ikut Pilkada
Bupati terpilih Sabu Raijua, NTT, Orient P Riwu Kore menjadi perbincangan setelah disebut-sebut sebagai warga negara Amerika Serikat. Orient mengakui sempat memiliki paspor AS, namun tidak lantas mengubah status kewarganegaraannya. Facebook.com

NTT, PRESTASIREFORMASI.Com – Bupati Sabu Raijua terpilih, Orient P Riwu Kore, mengungkapkan alasan mengikuti pemilihan kepala daerah atau Pilkada. Ia menyebut tujuannya terlibat dalam Pilkada 2020 ialah atas permintaan orang tua.

“Saya terpanggil kembali ke Sabu karena amanat orang tua untuk datang dan membangun kampung halaman,” kata Orient dalam pernyataannya, Sabtu, 6 Februari 2021.

Orient Riwu Kore mengatakan lahir di Kota Kupang dan bersekolah hingga menempuh pendidikan tinggi di Universitas Nusa Cendana Fakultas Ilmu Administrasi. Setelah itu, ia bekerja dan tinggal di Amerika Serikat selama puluhan tahun dan mengakui pernah memiliki paspor AS.

“Tapi saya masih sering pulang ke Indonesia dan kembali ke Amerika untuk melihat saudara-saudara saya di Kupang maupun Sabu Raijua,” ujarnya.

Menurut Orient, orang tuanya pernah berpesan agar kembali ke Indonesia dan membangun kampung halamannya jika berhasil di luar negeri.

“Saya merasa berhasil. Oleh sebab itu saatnya saya akan kembali ke Sabu Raijua dan sudah tentu saya mempersiapkan semua dokumen-dokumen, termasuk proses penyelesaian untuk pencabutan warga negara (kewarganegaraan AS) saya. Jadi saya aslinya warga negara Indonesia,” kata dia.

Nama Orient Riwu Kore tengah mencuat setelah Bawaslu Sabu Raijua mengumumkan bahwa ia berstatus sebagai warga negara Amerika Serikat. Ini dipastikan setelah Bawaslu menerima konfirmasi dari Kedutaan Besar Amerika Serikat. Padahal saat itu Orient merupakan Bupati Sabu Raijua terpilih hasil Pilkada. (h/Tempo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *