Barus, PRESTASIREFORMASI.Com
Puluhan pasang suami istri dari tujuh Kecamatan yang ada di Kabupaten Tapanuli Tengah kini bisa bernapas lega setelah mereka menjalani sidang isbat nikah,akhirnya pernikahan mereka kini telah diakui oleh negara.

” Sebanyak 62 pasang suami isteri (pasutri) telah mengikuti sidang isbat nikah pada Kamis 19/11-2020 di gedung SD Negeri Barus 2 berasal dari tujuh Kecamatan masing -masing Barus, Manduamas, Sirandorung, Andam Dewi, Sosorgadong, Sorkam dan Sorkam Barat.” kata Camat Barus Wirdan Pasaribu kepada Prestasireformasi. Com Kamis 19/11-2020.

Camat Barus Wirdan Pasaribu mengatakan, Pelaksanaan pelayanan terpadu sidang isbat nikah dan dokumen kependudukan ini merupakan gelombang ketiga kerjasama Pemkab Tapanuli Tengah
antara Pengadilan Agama Pandan, Kementerian Agama Kab Tapanuli Tengah.

” Dengan pelaksanaan pelayanan Sidang Isbat nikah, penerbitan buku nikah dan akta Kelahiran kita ciptakan data kependudukan yang valid dan akuntabel serta memberikan kepastian hukum kepada masyarakat ” ujarnya.

Prosesi itsbat nikah berlangsung meriah dan turut dihadiri sebanyak 62 pasang peserta tampak tersenyum dan tersipu malu ketika satu-persatu diminta maju untuk mengikuti proses persidangan di tempat.Setiap pasangan yang mengikuti itsbat nikah, dihadiri para KUA masing -masing kecamatan dan dua orang saksi, bahwa mereka dulu pernah menikah secara agama atau siri.

Camat Barus Wirdan Pasaribu juga mengucapkan terima kasih kepada Pengadilan Agama, Kemenag Tapteng dan Dinas Dukcapil Kabupaten Tapanuli Tengah yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan ini.

“Karenanya, pemerintah Tapanuli Tengah dan pengadilan agama selalu mendorong pasangan nikah siri untuk melakukan sidang isbat nikah, sebagai ketentuan untuk meresmikan pernikahan siri mereka agar diakui secara hukum.” tutupnya (Zurlang)

SIBOLGA – TAPTENG:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *