Samosir, PRESTASIREFORMASI.COM – Pemerintah Kabupaten Samosir sedang mempersiapkan diri untuk menerima kunjungan Wisatawan lokal dan Wisatawan Nusantara (Wisnu) yang akan dimulai pada tanggal 31 Juli 2020, bertepatan dengan libur Idul Adha.

Sesuai jadual yang dirancang Pemkab Samosir, kunjungan ke objek-objek wisata dimulai bulan Juli 2020 terbuka untuk wisatawan lokal (Samosir), Agustus 2020 bagi wisatawan nusantara, sedangkan bagi wisatawan mancanegara (Wisman) dijadualkan September 2020.

Sebelum dibuka untuk umum Bupati Samosir, selaku Ketua Satgas Penanganan Covid-19 akan mengeluarkan Standar Operasional Prosedur (SOP) di pintu-pintu masuk jalur darat dan danau serta di tempat-tempat wisata bagi pelaku perjalanan di wilayah Kabupaten Samosir.

“SOP tersebut dibelakukan agar kab Samosir aman dari Covid-19 selama pandemi dan menciptakan kenyamanan bagi pelaku perjalanan dan masyarakat Samosir,” ungkap Kadis Komimfo Samosir Rohani Bakara kepada wartawan, Rabu (29/7/2020).

Dia menyebut, saat ini Dinas Pariwisata Samosir sedang mempersiapkan prakondisi di objek-objek wisata dalam menyambut wisatawan nusantara berkunjung ke objek-objek wisata dimulai tanggal 31 Juli 2020 karena long weekend (libur panjang).

Namun, kata Rohani Bakar, penerapan protokol kesehatan tetap diberlakukan bagi pelaku perjalanan wisata sebelum menikmati objek-objek wisata. 

Sedangkan proses belajar-mengajar di kabupaten Samosir, para siswa didik dalam pembelajaran tatap muka, hingga saat ini masih tahap pengkajian secara teknis, sesuai pemaparan dalam rapat yang dipimpin Kadis Pendidikan melalui Kabid GTK, Faber Nadek, S.Pd., di Aula Kantor Bupati, Rabu (29/7/2020).

BERITA SAMOSIR LAINNYA:

Untuk jenjang SMP telah siap melakukan pembelajaran. Namun, untuk tetap aman dari Covid-19, Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga, meminta kajian yang lebih komprehensif agar peserta didik aman dari Covid-19. 

Pada kesempatan rapat, Sekdakab Samosir, Jabiat Sagala menyatakan akan meninjau langsung kesiapan pelaku usaha wisata di objek-objek wisata dan sekolah-sekolah untuk kelayakan pembelajaran tatap muka. 

Di sisi lain, Kadis Kesehatan Samosir, dr. Nimpan Karokaro, untuk antisipasi penyebaran, menekankan tiga hal: (1) Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Jaga Jarak Fisik (Physical Distancing), dan Jaga Jarak Sosial (Social Distancing).

Menurutnya, hal ini telah dilakukan sejak 17 Maret 2020 dan hasilnya per hari ini, Rabu (29/7/2020), Samosir telah kembali menjadi zona hijau.

Tambahan juga disampaikan Asisten II, Saul Situmorang, secara jadwal, bulan Juli 2020 Samosir terbuka untuk wisatawan lokal (Samosir), Agustus 2020 bagi wisatawan nusantara, September 2020 bagi wisatawan mancanegara.

Untuk mereduksi miskomunikasi di lapangan, Asisten I, Mangihut Sinaga menekankan kordinasi dengan para petugas di lapangan agar dilakukan lebih intensif. 

Terkait surat edaran yang akan dikeluarkan Kejari Samosir, melalui Kasi Intel Aben Situmorang, memberi masukan agar memedomani arahan dari kementerian Pariwisata dan Pendidikan.

“Monitoring kesiapan lapangan, pelaporan secara berkala, dan penyesuaian perangkat Satgas Covid-19 sesuai dengan kebutuhan,” ujar Aben Situmorang.

Selain itu, Polres Samosir, melalui Kabag Ops., Kompol Bernard Naibaho, mengharapkan disusun Rengiat (Rencana Kegiatan) harian, mingguan, dan bulanan agar Anev (Analisis Evaluasi) penanganan dapat dilakukan berbasis data sehingga terukur dan jelas.

Kodim 0210/TU, melalui Kasdim, Mayor (Arm.) Ojak Simarmata, menyatakan siap mendukung keamanan dalam pelaksanaan pembukaan objek-objek wisata di Samosir. 

Di akhir rapat, Wabup Samosir, Juang Sinaga menegaskan prinsip utama pembukaan objek-objek wisata ini adalah safety bagi masyarakat Samosir agar aman dari Covid-19.

Dia juga mengajak agar mengedepankan keselamatan masyarakat Samosir selama pandemi agar terhindar dari konfirmasi Covid-19. 

Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Samosir menginformasikan update Covid-19, Rabu (29/7/2020)

Nasional

  • Konfirmasi : 2.381 orang (104.432)
  • Sembuh : 1.599 orang (62.138)
  • Meninggal Dunia: 74 orang (4.975)

Provinsi Sumatera Utara

  • Konfirmasi (+) : 80 orang (3.518)
  • Sembuh : 19 orang (950)
  • Meninggal Dunia : 1 orang (182)

Kabupaten Samosir

  • Suspek : Nihil
  • Konfirmasi : Nihil
  • Sembuh : 1 orang 
  • Meninggal Dunia : Nihil. (Hs)

BERITA LAINNYA:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *