Penetapan Kenaikan Status Bencana menjadi Tanggap Darurat Bencana Non Alam

Dairi, PRESTASI REFORMASI.Com – Setelah penetapkan status siaga darurat bencana non alam, corona virus disease (covid-19) Bupati Dairi Eddy Berutu menaikan Status Bencana menjadi Tanggap Darurat Bencana Non Alam sebagaimana Keputusan Bupati Nomor 223/443/III/2020 tgl 31 Maret 2020.

Kepala BPBD Dairi Ir Sahala Tua Manik menjelaskan kenaikan status tersebut didasarkan atas beberapa pertimbangan.

Pertimbangan utama adalah adanya kenaikan ekskalasi orang terjangkit sehingga dibutuhkan penanganan yang lebih cepat, tepat,fokus dan terpadu.

Kenaikan status bencana ini juga berdasarkan keputusan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana BNPB No 13a tahun 2020 tentang Perpanjangan status tanggap darurat bencana wabah penyakit akibat virus corona di Indonesia.

Dan demikian juga Pemerintah di Provinsi Sumatera Utara juga menaikkan status berdasarkan SK Gubernur Sumatera Utara tentang status tanggap darurat bencana pada tanggal 30 Maret 2020.

Bencana non alam adalah bencana yang diakibatkan oleh peristiwa atau rangkaian peristiwa non alam antara lain berupa gagal teknologi, gagal modernisasi, epidemi dan wabah penyakit (Pasal 1 ayat 3 UU Penanggulangan Bencana). (Nur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: