Dairi, prestasireformasi.com – Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu mendampingi Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara Drs. Baskami Ginting saat melakukan kunjungan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sidikalang pada Rabu (18/03).

Kedatangan Bupati Dairi bersama dengan Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara tersebut ke RSUD Sidikalang disambut Plt. Direktur RSUD Sidikalang Charles Bancin dan Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Dairi Johnny Hutasoit bersama dengan jajaran Pegawai RSUD Sidikalang.

Setibanya di RSUD Sidikalang, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu bersama dengan Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara memantau sejenak situasi aktivitas di RSUD Sidikalang.

Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara dalam kesempatan tersebut menanyakan bagaimana perkembangan dari pasien dari Kabupaten Dairi yang dengan status Orang Dalam Pengawasan karena terkena gejala virus corona.

Salah satu pegawai RSUD Sidikalang dengan sigap menjawab pertanyaan tersebut dan mengatakan pasien tersebut telah ditangani sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan dan telah dibawa ke Rumah Sakit Adam Malik Medan guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

“Saat ini kami masih menunggu hasil pemeriksaannya apakah positif atau negatif,” ujarnya.

Selanjutnya, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu bersama dengan Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara melakukan pertemuan dengan para dokter, pegawai dan staf RSUD Sidikalang di ruang aula pertemuan yang pada saat bersamaan juga sedang mengadakan kegiatan sosialisasi.

Dalam pertemuan tersebut, Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara menyampaikan beberapa hal di antaranya terkait tentang penyediaan ruang isolasi di setiap rumah sakit di seluruh Provinsi Sumatera Utara untuk penanganan pasien virus corona.

Penyediaan ruang isolasi tersebut sesuai dengan instruksi Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi saat melakukan rapat bersama dengan seluruh Unsur Forkopimda dan Kepala Daerah se-Sumatera Utara pada beberapa waktu yang lalu.

Untuk itu, Baskami mengharapkan kepada Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu agar menyikapi arahan Gubernur Sumatera Utara terkait penyediaan ruang isolasi untuk penangangan pasien virus corona.

“Jika ada masyarakat Dairi yang terkena gejala dari virus corona, segera dilakukan penanganan. Kalau memang statusnya sudah ditingkatkan, langsung dibawa ke rumah sakit yang telah ditunjuk di Medan agar penanganannya lebih maksimal dan penyebaran virus corona dapat diminimalisir,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu dalam kesempatan tersebut menyampaikan ucapan terimakasih kepada Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara karena telah menyempatkan waktu untuk berkunjung ke RSUD Sidikalang.

Terkait dengan penanganan virus corona,Dia mengatakan telah melakukan langkah langkah sesuai dengan arahan yang diberikan Pemerintah Pusat.

Dia mengatakan Pemerintah Kabupaten Dairi bersama Unsur Forkopimda Kabupaten Dairi telah membentuk Gugus Tugas Penanganan Penyebaran Virus Corona dan bergerak cepat untuk melakukan langkah-langkah pencegahan.

Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan beberapa langkah yang diambil sesuai dengan keputusan bersama dalam pencegahan penyebaran virus corona adalah dengan meliburkan seluruh sekolah tertanggal 18-31 Maret 2020.

“Selain itu, pembatasan terhadap kegiatan keramaian telah kami lakukan selama 2 minggu ke depan. Kami juga menghimbau kepada rumah ibadah jika memungkinkan agar melakukan ibadah dalam kelompok yang lebih kecil dan memastikan secara rutin setiap rumah ibadah dilakukan penyemprotan disinfektan,” ujarnya.

Dalam pertemuan tersebut, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu menyampaikan rasa bangga yang setinggi tingginya kepada seluruh petugas medis RSUD Sidikalang yang akan menjadi barisan terdepan dalam memberikan pelayanan dan perlindungan kepada masyarakat Kabupaten Dairi.

Terkait dengan penyediaan ruang isolasi, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu berharap agar ruang isolasi untuk penanganan virus corona di RSUD Sidikalang segera ditambah keberadaannya.

Selain itu, kepada Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu mengharapkan akan adanya dukungan dari Provinsi Sumatera Utara terkait dengan Alat Perlindungan Diri (APD) yang belum memadai kepada para petugas kesehatan di RSUD Sidikalang sehingga dapat mendukung kelancaran dalam pelaksanan pelayanan kepada masyarakat di RSUD Sidikalang. (Nur).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *