Subulussalam, prestasireformasi.com – Komandan Kodim 0118/Subulussalam Letkol Inf Winarko S Ag M Tr (Han) memberikan materi Wawasan Kebangsaan dan Pemetaan Teritorial kepada peserta Diklat Terpadu Dasar (DTD) Angkatan 1 Tahun 2020 GP.Ansor Kota Subulussalam.

Acara DTD yang digelar baru-baru ini bertemakan “Memperkuat Idiologi Bangsa, Menuju Satu Abad Nahdatul Ulama” Dayah Rahmatul Ummah Desa Subulussalam.

Dandim 0118/Subulussalam menyampaikan, adik adik-adik perlu ketahui bahwa kehidupan sekarang ini adalah hasil usaha para Pahlawan, dimana perjuangan mereka tidak mudah dalam merebut kemerdekaan, namun mereka tidak menikmati hasil perjuangannya itu.

“Mereka rela demi kita dan demi anak cucunya. Sebagai generasi penerus kita harus mengisi kemerdekaan ini dengan cara berpikir dan berbuat positif dari hal kecil, yaitu jadikan pribadi yang baik untuk membangun negeri kita tercinta melalui belajar disiplin, agar memperoleh prestasi yang dapat membanggakan keluarga serta Bangsa dan Negara,” ungkap Letkol Inf Winarko S Ag M Tr (Han) .

Ia menyebut, wawasan Kebangsaan mengamanatkan kepada seluruh bangsa agar menempatkan Persatuan dan Kesatuan, serta kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi atau golongan.

Menurut Dandim 0118/Subulussalam, wawasan Kebangsaan mengembangkan persatuan Indonesia sedemikian rupa, sehingga azas Bhineka Tunggal Ika dipertahankan.

Dia menyebut, melalui pemahaman Wawasan Kebangsaan tidak memberi tempat pada kelompok pemecah belah persatuan dan kesatuan bangsa. Dengan Wawasan Kebangsaan yang dilandasi oleh pandangan hidup Pancasila, bangsa Indonesia telah berhasil merintis jalan menjalani misinya di tengah-tengah tata kehidupan di dunia.

“NKRI yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur, bertekad untuk mewujudkan bangsa yang maju dan mandiri serta sejahtera lahir batin, sejajar dengan bangsa lain yang sudah maju,” lanjutnya.

Melalui kegiatan ini, ujar Dandim 0118/Subulussalam, dapat membakar semangat untuk terus belajar dan berprestasi, memiliki jiwa patriotisme dan cinta tanah air, serta siap sedia untuk menjadi terdepan dalam membela negara dari ancaman manapun bersama TNI,.

“Untuk itu kita harus mengetahui bahwa negara kita NKRI sudah ditegaskan dalam UUD 45 berlandaskan Pancasila, oleh karena itu kita sebagai bangsa Indonesia dan generasi penerus harus bisa bersatu, dalam membangun negara kita NKRI dan menghindari pergaulan bebas dan penyalahgunaan narkoba, karena akan merusak masa depan kalian dan masa depan bangsa,” pungkas Letkol Inf Winarko S Ag M Tr (Han) . (01AS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *