Barus, PRi.Com – Menyukseskan program Nasional Sensus Penduduk tahun 2020 (SP2020) yang akan dimulai 15 Febuari mendatang, Badan Pusat Statistk (BPS ) Kabupaten Tapanulu Tengah  menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) di Balai Pertemanan Barus ,Jumat (14/2/2020)

Kepala BPS Kab Tapanuli Tengah diwakili Fitri Augustina (Kaseksi Sosial BPS)  yang juga selaku narasumber pada Rakor tersebut    mengatakan, SP2020 akan dilaksanakan dalam dua tahap, yakni sensus penduduk online mulai tanggal 15 Februari – 31 Maret 2020, dan sensus penduduk wawancara pada 1 Juli – 31 Juli 2020.

“Pada sensus penduduk online masyarakat bisa mengisi langsung pada tanggal 15 februari sampai dengan 31 Maret 2020, dengan mengakses website sensus.bps.go.id, dengan menyiapkan KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan KK (Kartu Keluarga), serta foto copy surat nikah,”ungkapnya. 

Sedangkan bagi masyarakat yang tidak sempat sensus online, katanya, nanti didatangi petugas pada bulan juli 2020. 

“Kita berkoordinasi dengan kelurahan untuk merekrut petugas. Kami berharap petugas orang kelurahan setempat,” ungkap Fitri Agustina.

Fitri menyebut, SP2020 ini bertujuan untuk menyediakan data jumlah, komposisi, persebaran, dan karakteristik penduduk Indonesia, sebagai dasar dalam menetapkan perencanaan dan kebijakan pemerintah.

Menurutnya, hasil Sensus penduduk ini akan dijadikan dasar perumusan kebijakan pemerintah untuk perencanaan pembangunan.

Dengan mengetahui jumlah penduduk suatu wilayah berdasarkan jenis kelamin, kelompok umur, pendidikan yang ditamatkan, maka pemerintah baik Pusat maupun Daerah bisa memperoleh gambaran tentang kebutuhan suatu wilayah.

“Setelah hasil akhir SP2020 ini keluar, data tersebut dapat digunakan oleh pemerintah sebagai dasar perencanaan pembangunan didalam menentukan kebijakan, serta keputusan yang lebih tepat sasaran untuk diimplementasi kepada masyarakat,” katanya.

Ia berharap, seluruh masyarakat dapat berperan aktif dalam mengikuti Sensus Penduduk, serta dapat membantu menyebarkan dan mengajak penduduk untuk aktif mengisi Sensus Penduduk Online. 

Rakor ini dibuka Camat Barus Musmulyadi, dalam kesempatan itu Camat menjelaskan  Sensus penduduk ini  bertujuan untuk menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi, dan karakteristik penduduk Indonesia menuju satu kependudukan Indonesia.

Dalam upaya mensukseskan kegiatan SP2020 ini, lanjut Camat, diperlukan suatu upaya agar kegiatan yang akan dilaksankan ini mendapatkan dukungan dari semua stakeholder, baik pemerintah pusat/daerah, TNI/Polri, organisasi masyarakat, tokoh masyarakat, dunia usaha, dan masyarakat itu sendiri.

“Dukungan ini penting, untuk membantu memberikan keterangan yang berkaitan dengan pengambilan data untuk sensus penduduk ini,” kata Camat.

Menurut Camat  keberhasilan SP2020 nanti bukan hanya menjadi tanggungjawab BPS, tetapi untuk kepentingan seluruh elemen. Suksesnya pelaksanan sensus nanti akan sangat bergantung pada dukungan dan peran serta masyarakat, termasuk para pengusaha.

“Saya ingin menekankan, bahwa data adalah aset penting bagi kita dalam melaksanakan pembangunan, khususnya pada tahap perencanaan,” tutupnya.

Hadir dalam Rakor tersebut Kapolsek Barus dan mewakili Dan Ramil 01 Barus. (Zurlang) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *