Bupati Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Asahan

Asahan, PRi.Com – Bupati Asahan H. Surya, BSc, menjadi inspektur upacara dalam memperingati hari pahlawan Minggu, 10/11/2019 di Lapangan Alun Alun Kisaran.
Turut Hadir Forkopimda Kab. Asahan, Sekretaris Daerah, Tokoh Agama, OPD, Veteran, ORMAS, OKP, ASN, unsur TNI/POLRI

Bupati Asahan pada kata sambutannya maparkan, masyarakat Indonesia memperingati hari pahlawan tepat pada tanggal 10 November.

“Peringatan hari pahlawan ini dilaksanakan sebagai bentuk rasa syukur kita atas kemerdekaan Indonesia dan mengenang jasa para pahlawan yang telah mengorbankan nyawanya untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari tangan penjajah,” ungkap Surya. 

Ia menyebut, kita merasa beruntung karena hidup dimasa yang damai dan menikmati hasil jerih payah dari para pahlawan yang telah berhasil melepaskan Indonesia dari tangan penjajahan. 

Awal mula peringatan hari pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November, katanya, adalah diambil dari peristiwa perlawanan masyarakat Surabaya ( yang dikenal arek-arek Suroboyo ) terhadap sekutu sebagai bentuk mempertahankan kemerdekaan yang menewaskan Jenderal AWS Mallaby. 

Momentum tersebut menjadikan spirit para pejuang bangsa dalam mempertahankan kemerdekaan di berbagai daerah, seperti di Bandung yang dikenal dengan Bandung Lautan Api, di Semarang dikenal dengan pertempuran 5 hari, di Yogyakarta dikenal dengan Serangan Umum 1 Maret, di Sumatera Utara dikenal dengan peristiwa Medan Area.

“Maka dalam memperingati hari pahlawan ini, perlunya pemaknaan nilai moral yang dapat diambil dari aksi heroik para pahlawan kita dalam mempertahankan kemerdekaan,” ujarnya.

“Untuk itu kepada masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda hendaknya dapat mencontoh nilai dan moral dari para pahlawan seperti keberanian, tanggung Jawab, rela berkorban, dan jiwa kepemimpinan dalam menghadapi tantangan ke depan,” demikian disampaikan Bupati Asahan, H. Surya BSc mengawali Sambutannya.

Selanjutnya Bupati Asahan membacakan sambutan Menteri Sosial RI Juliari P Batubara, meminta anak muda membangkitkan semangat inovasi.

Menurutnya, bentuk aksi nyata bagi pahlawan masa kini dapat dilakukan dengan cara menolong secara sesama hingga tidak menyebarkan hoak.

Melalui Peringatan hari pahlawan kita bangkitkan semangat inovasi pada anak muda untuk menjadi pahlawan masa kini, sebagaimana tema peringatan hari pahlawan 2019 ” Aku Pahlawan Masa Kini “.

Ia menyebutkan, menjadi pahlawan masa kini dapat dilakukan oleh siapapun warga negara Indonesia, dalam bentuk aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI. Seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak memprovokasi yang dapat mengganggu ketertiban, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain dan lain sebagainya.

Pada Peringatan Hari Pahlawan Tahun ini Bupati Asahan menyerahkan Piagam Penghargaan kepada Tokoh Olah Raga Kabupaten Asahan dan kepada Kapolres Asahan AKBP. Faisal F. Napitupulu, SIK. MH.

Rangkaian akhir Peringatan Hari Pahlawan Kabupaten Asahan Tahun 2019 Forkopimda, Sekretaris Daerah, MUI, IMTAG, ORMAS, OKP, ASN dan unsur TNI/ POLRI melaksanakan Upacara Jiarah ke Taman Makam Pahlawan Jl. Jend Sudirman Kisaran sekaligus melakukan Tabur Bunga.

Rangkaian akhir Peringatan Hari Pahlawan Kabupaten Asahan Tahun 2019 Forkopimda, Sekretaris Daerah, MUI, IMTAG, ORMAS, OKP, ASN dan unsur TNI/ POLRI melaksanakan Upacara Jiarah ke Taman Makam Pahlawan Jl. Jend Sudirman Kisaran sekaligus melakukan Tabur Bunga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: