Terhitung Tahun 2017 Hingga 2018, Angka Kemiskinan di Bungo Terus Menurun

Bungo, PRESTASIREFORMASI.Com – Terhitung sejak tahun 2017 hingga tahun 2018 angka kemiskinan di Kabupaten Bungo terus menurun. Data ini berdasarkan hasil dari Badan Pusat Statistik (BPS) Bungo yang mencatat ada penurunan 0,04 persen, dedangkan untuk tahun 2019 belum dirilis.

Hal ini dipertegas oleh Kasi Statistik Sosial, BPS Bungo, Natrina ketika dikonfirmasi mengatakan, berdasarkan hasil dari survey Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) yang sudah dilatih, turun langsung ke masyarakat di setiap wilayah Bungo.

“Untuk survey itu, dilakukan setiap bulan Maret dan September, sebanyak dua kali dalam setahun. Jadi data yang duperoleh itu, benar-benar hasil dari survey di lapangan. Untuk hasil survey tahun 2017. 5,82 persen, sedangkan untuk 2018. 5,78 Persen. Ada penurunan 0,04 persen,” ungkap Natrina.

Dikatakannya, hasil survey itu murni dari pendataaan dilakukan langsung di lapangan. Seperti semua pengeluaran didata, baik pengeluaran makanan, non makanan secara detail sosial ekonomi didata secara akurat. Laju inflasi terjaga juga juga menekan angka kemiskinan.

“Semua itu, juga dipengaruhi oleh indeks harga konsumen (IHK). Sehingga ada penyeimbangan antara pengeluaran dan kemasukan, kalau kita lihat penurunan memang tidak terlalu banyak, tapi angka-nya terus menurun,” imbuhnya. (sumber : sidakpost.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: