Bungo, PRESTASIREFORMASI.Com – Kadis TPHBun Muhammad Hasbi, SP, M. Si dampingi Bupati Bungo H. Mashuri, SP., ME., dan Kepala Dinas TPHP Provinsi Jambi Rumusdar melakukan penanaman perdana padi sawah inpari nutrizing sekaligus penyerahan satu unit Handtraktor, bibit jagung, pupuk pada Kelompok Tani Setia Tuhu Dusun Sari Mulya, Kecamatan Jujuhan Ilir, Rabu (24/05).

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut selain Kepala Dinas TPHPBun Kabupaten Bungo Muhammad Hasbi juga ada Bupati, Kadis TPHP Provinsi Jambi juga ada sejumlah Kepala OPD di lingkup Pemkab Bungo, Camat, Kapolsek Jujuhan Iptu Siswanto, S.IP, Kasat Bimmas Polres Bungo Akp. Budi Santoso dan Babinsa serta seluruh Rio se-kecamatan Jujuhan Ilir, Datuk Rio para Kelompok Tani dan warga masyarakat Dusun Sari Mulya.

Bupati H Mashuri mengatakan bahwa hari ini Pemerintah Kabupaten Bungo melalui Dinas TPHPBun bersama Dinas TPHP Provinsi Jambi melakukan penanaman perdana padi di Dusun Sari Mulya Kecamatan Jujuhan Ilir.

“Ini kita ketahui bahwa Kecamatan Jujuhan Ilir merupakan salah satu sentral pangan khususnya padi sawah di Kabupaten Bungo,”kata Mashuri.

Kita berharap yang kita lakukan ini memberi semangat kepada masyrakat kita khususnya petani kita yang ada di Dusun Sari Mulya. Dan kita tau juga di Dusun Sari Mulya Bukit Sari ini tanaman padi sudah memakai irigasi teknis sehingga bisa ditanam sepanjang tahun.

Ini perlu kita dorong dan kita spupport sehingga lahan sawah di Jujuhan Ilir ini kita pertahankan dengan kebersamaan. Kita juga mendegar keluhan petani sehingga kita memberikan bantuan alat sintan dan alat yang lainnya untuk mempermudah petani kita bekerja dan bertanam padi di sawah,” pungkas Bupati.

Sementara itu Kadis TPHPBun Bungo Muhammad Hasbi mengatakan penanaman padi perdana di Kelompok Tani Setia Tuhu ini terdiri dari hamparan sekitar 25 Hektar dari total Dusun Sari Mulia seluas empat ratus dua puluh lima hektar.

Ditambahkan oleh Muhammad Hasbi bahwa selain melakukan tanam padi perdana sekaligus juga Bapak Bupati menyerahkan handtraktor roda empat,”jelas Hasbi.

Selain itu juga sebagian ada pupuk dan bibit sayur serta bibit jagung dan semua dana ini dari APBD Kabupaten Bungo dan dana Provinsi.

Untuk Kelompok Tani di Dusun Sari Mulya ada sekitar 14 Kelompok dimane ke 14 kelompok ini sudah kita berikan traktor sembilan unit dan hari ini satu unit,” tambahnya lagi.

Selanjutnya Hasbi juga menerangkan masalah pupuk sudah diserahkan sebanyak dua ratus ton yang kita serahkan disini kalau pengakuan petani pupuk tidak ada masalah,”tutup Muhammad Hasbi. (hen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *