Jambi, PRESTASIREFORMASI.Com – Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris, S.Sos, MH mengajak mayarakat agar dapat merawat jalan yang baru di buat, hasil pembangunan ini sehingga dapat bermanfaat dalam jangka waktu yang lebih lama.

Ajakan demikian disampaikannya saat , menghadiri Penutupana Karya Bhakti TNI Korem 042/Gapu dalam pekerjaan Pengerasan Jalan dari Simpang Desa Karmeo Kecamatan Batin XXIV Kabupaten Batang Hari – Desa Kilangan, Kecamatan Muara Bulian, Kabupaten Batang Hari, Sabtu (07/01/2023).

Dalam sambutannya Al Haris menyampaikan,
Terima kasih atas kerja sama TNI dan rakyat dalam kegiatan pengerasan jalan.”Terima kasih atas kerja sama TNI dan rakyat dalam kegiatan qlpengerasan jalan Simpang Desa Karmeo Kecamatan XXIV – Desa Kilangan Kecamatan Muara Bulian Kabupaten Batanghari,” ucap Al Haris.

” Pengerasan jalan melalui kegiatan Karya Bhakti sangat di butuhkan dan didambakan bagi masyarakat, sehingga dapat mendukung kegiatan dan aktivitas sehari-hari masyarakan dalam beraktivitas dan pemasaran hasil pertanian dalam upaya peningkatan ekonomi masyarakat,” ungkap Al Haris

” Saya sangat mengapresiasi pelaksanaan Karya Bhakti TNI yang diinisiasi oleh Korem 042/Gapu dalam upaya mewujudkan kemanunggalan TNI dengan rakyat serta membantu pemerintah daerah dalam percepatan pembangunan daerah,” sambung Al Haris.

Al Haris mengatakan jalan yang di bangun ini dapat memangkas jarak ke Kota Jambi hingga 15 Km dibandingkan lewat jalur Simpang Tembesi – Muarabulian – Kota Jambi.

“Ini menjadi jalan alternatif yang dari Kerinci, Merangin, dan Sarolangun. Ini (jalur) bisa mempersingkat jarak hingga 15 Km (menuju kota Jambi) dengan tujuan mengurai kemacetan yang saat ini sangat menjadi perhatian bersama.” kata Al Haris

Ditegaskan Al Haris, Kegiatan Karya Bhakti TNI
menjadi wujud bakti TNI terhadap rakyat dalam mengentaskan kesulitan yang dihadapi masyarakat.” Kegiatan Karya Bhakti dapat mempercepat pembangunan di pedesaan, meningkatkan perekonomian masyarakat serta harga tanah sepanjang jalan ini bisa menjadi naik, sekaligus memperkokoh kemanunggalan TNI dan rakyat serta mempererat persatuan dan kesatuan komponen masyarakat di Kabupaten Batanghari.” Kata Al Haris

Pada kesempatan ini Al Haris berpesan kepada masyarakat agar dapat merawat hasil pembangunan ini sehingga dapat bermanfaat dalam jangka waktu yang lebih lama.

Al Haris menambahkan, ruas jalan tersebut di tahun 2023 diusahakan bisa diaspal dan tentunya dapat meningkatkan perekonomian warga yang tanahnya berada di jalur tersebut.

“Ke depan ini akan kita usahakan bersama dewan dapat kita aspal. Selain menjadi jalan alternatif, ini juga meningkatkan perekonomian masyarakat yang lahannya ada disepanjang jalur ini,” tambah Haris.

Al Haris menjelaskan, bahwa kegiatan Karya Bhakti TNI ini merupakan kegiatan rutin yang selalu dilakukan oleh TNI.” Kegiatan Karya Bhakti TNI tidak hanya melakukan pembangunan fisik atau infrastruktur saja, tetapi juga pembangunan manusia atau non fisik, salah satunya memberikan penguatan kesatuan bangsa dan pembangunan karakter,” jelas Al Haris.

Al Haris berharap, melalui kegiatan Karya Bhakti ini membawa hasil secara fisik seperti meningkatnya pembangunan sarana dan prasarana, infrastruktur, dan peningkatan kualitas masyarakat secara non fisik, yaitu tergugahnya kesadaran masyarakat untuk berbudaya gotong royong yang merupakan kearifan lokal bangsa sejak zaman dahulu.” Melalui kegiatan Karya Bhakti akan membangkitkan kembali kesadaran dan partisipasi aktif masyarakat dalam membangun daerah meningkatkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat serta kesadaran bela negara, berbudaya disiplin dan tertib hukum dalam rangka meningkatkan stabilitas keamanan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah Kabupaten Batanghari,” harap Al Haris.

“Kita semua berharap agar kehadiran TNI serta sinergitas TNI dan rakyat dapat mengakar, senantiasa menguat erat serta terus meningkat dalam rangka mewujudkan masyarakat yang jauh lebih maju dan sejahtera,” pungkas Al Haris.

Pangdam II/Sriwijaya Mayjend TNI Hilman,
mengatakan, dengan selesainya karya bakti, pihaknya berterima kasih banyak untuk semua pihak, baik masyarakat maupun pemerintah yang telah berkontribusi pada karya bakti TNI Korem 042/Gapu.“Keterlibatan masyarakat tentu menjadi hal penting, apalagi ini jalan yang bermanfaat untuk orang banyak,” katanya.

Komandan Korem 042/Gapu, Brigjen TNI Supriono, S.IP., M.M menyampaikan, dalam Karya Bhakti TNI melibatkan semua unsur baik dari kabupaten dan masyarakat pembukaan dan pengerasan jalan tersebut dimulai pada Oktober 2022 lalu.” Banyak kendala yang terjadi pada saat pembukaan dan pengerasan jalan tersebut., karya bakti harus tetap dilaksanakan sesuai amanah dengan masyarakat. sepanjang 44 KM jalan yang dibuka tersebut, ada beberapa titik jalan yang jalurnya sedikit sulit sehingga butuh pengerjaan ekstra,” ungkap Korem.

Korem juga berterimakasih kepada seluruh elemen masyarakat yang selalu mendukung pengerjaan jalan, mulai dari pembebasan lahan, menggunakan jalan masyarakat untuk alat berat. “Kami tentu berterima kasih untuk semua masyarakat yang telah mendukung serta pemerintah, juga pemerintah kabupaten Batanghari, serta semua pihak sehingga terlaksana pembangunan jalan alternatif ini,” pungkas Korem. (hen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *