Karimun/Kepri, PRESTASIREFORMASI.Com – Upaya kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam di wilayah Kabupaten Karimun Provinsi Kepri, Polres Karimun Polda Kepri menggelar apel pasukan, kendaraan dan perlengkapan SAR Bersama instansi terkait di lapangan apel Polres Karimun, Senin (21/11/22)

Kegiatan apel gelar kendaraan dan perlengkapan SAR tersebut, dipimpin langsung Wakil Bupati Karimun Bapak H. Anwar Hasyim, M.Si serta didampingi oleh Waka Polres Karimun Kompol Syaiful Badawi, SIK, Dandim 0317/TBK Letkol Inf Budianto Hamdani Damanik, Danlanal TBK Letkol Laut (P) Joko Santoso, SE, M.Tr.Chrmp serta dihadiri pimpinan dan personel TNI-Polri, Dishub, Damkar, Basarnas, Tagana, Dinas Kesehatan & BMKG Kab. Karimun Prov. Kepri.

Tampak dalam kegiatan tersebut pimpinan apel H. Anwar Hasyim, M.Si dengan didampingi Waka Polres Karimun, Dandim 0317/TBK, Danlanal TBK serta tamu undangan lainnya lakukan cek pasukan dan kesiapan yang digelar di antaranya kendaraan sarana pendukung dalam penanganan bencana alam terdiri dari Peralatan SAR seperti perahu karet milik Satpolairud Polres Karimun, Lanal Tbk dan Basarnas.

Ikut juga diapelkan termasuk peralatan canggih milik Satpolairud Polres Karimun bernama U-Safe sebagai penunjang SAR di air dengan menggunakan remote control, selain itu peralatan lainnya yang digelar Pelaratan SAR Terbatas hingga kantong mayat dalam rangka penanganan bencana alam.

Pimpinan apel sampaikan amanat, menyikapi data dari BNPB tersebut khususnya wilayah Kabupaten Karimun, mari bersama-sama kita mengantisipasi secara dini penanganan bencana alam baik yang disebabkan oleh banjir, cuaca ekstrim, gempa bumi, tanah longsor dan yang lain-lain yang akan berdampak pada gangguan kamtibmas, kamseltibcarlantas serta kontijensi dengan cara sebagai berikut :

  1. Pendataan daerah rawan longsor, banjir, gempa bumi dan lain-lain, jumlah rumah dan penduduk yang tinggal di daerah rawan bencana.
  2. Sosialisasi kepada masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana untuk mewaspadai dan mengantisipasi kondisi alam tersebut.
  3. Saling bekerjasama antara stake holder terkait untuk menyiapkan tempat pengungsian dan bantuan berupa sembako, obat-obatan dan tenaga medis dalam rangka penanggulangan para korban bencana alam.
  4. Menyiapkan secara dini kekuatan personel dan sarana prasarana yang siap untuk di gerakkan untuk melakukan evakuasi, pemberian bantuan korban, pengawalan bantuan sembako dan obat-obatan bagi korban bencana alam.
  5. Agar melakukan evaluasi dan pembenahan atas kendala yang dihadapi dalam penanggulangan bencana alam.
  6. Memberikan pelatihan terhadap personel tentang tata cara penanggulangan bencana alam.
  7. Lakukan mitigasi di wilayah rawan terjadinya bencana alam dengan pembuatan rambu-rambu jalur evakuasi untuk mengarahkan masyarakat menuju titik kumpul atau area aman dari bencana.
  8. Apabila terjadi banjir, longsor agar petugas lalu lintas memasang rambu-rambu untuk mengarahkan masyarakat mengambil jalan alternatif yang aman.
  9. Jika terjadi bencana alam agar segera menggelar Operasi Aman Nusa II – Penanganan bencana alam.
  10. Tingkatkan Sinergitas Tni/Polri serta stake holder terkait agar deteksi dini bencana alam dapat teratasi dengan baik.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Polres Karimun yang telah melaksanakan kegiatan ini dan sebagai upaya kesiapsiagaan dalam penanggulangan bencana alam di Kabupaten Karimun” ungkap Wakil Bupati Karimun Bapak H. Anwar Hasyim, M.Si. (Yuliana)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *