Taput, PRESTASIREFORMASI.Com – Bupati Tapanuli Utara (Taput) Drs.Nikson Nababan, M. Si didampingi Asisten II, Kadis Pertanian, Kadis Pariwisata, Kabag Ekonomi dan Camat Muara terima rombongan PT Indonesia Asahan Aluminium Inalum dalam rangka penyerahan Bantuan CSR di Sopo Rakyat Rumah Dinas Bupati, Selasa 27 September 2022.

Rombongan PT.Inalum terdiri dari Zainuddin Iqbal Sidabutar Silalahi (vice president CSR PLTA), Arfan Iqbal Harahap (vice president humas PLTA), Charis Simangunsong (staf humas PLTA) dan Riza (pelaksana CSR PLTA) menyerahkan bantuan 25 unit tempat sampah pilah dan 3600 bibit mangga jenis harum manis.

Kabag Ekonomi Tutur Simanjuntak dalam laporannya menyampaikan, kalau sebelumnya telah kirimkan surat dan lakukan kordinasi dengan pihak PT Inalum terkait bantuan CSR yang diterima hari ini.

“Selain bantuan tempat sampah terpilah dan bibit mangga harum manis, kita juga telah mengusulkan mesin penggilingan kopi sebanyak 50 unit yang diInstruksikan Bupati dan Ketua Dekranasda Taput.”papar Tutur.

Mewakili PT Inalum, Zainuddin Iqbal Sidabutar Silalahi dalam sambutannya mengungkapkan rasa bahagia dan senang bisa bertemu dengan pemerintah kabupaten Taput.

Zainuddin memaparkan bahwa PT Inalum peduli dan mempunyai kepentingan untuk membantu UMKM di daerah sekitar danau Toba.

“Tahun lalu PT. Inalum telah membantu petani bawang di kecamatan Muara dengan cara memberikan bibit tanaman bawang dan kita juga sangat intens berdiskusi dengan pemkab Taput terkait program yang dapat disinergikan yaitu 25 tempat sampah bilah dan 3600 bibit buah mangga, kedepan kita akan bantu UMKM Taput dengan cara membeli hasil UMKM disetiap kegiatan Inalum sebagai kontribusi untuk meningkatkan taraf hidup pelaku UMKM daerah ini”ucap Zainuddin.

Bupati Nikson Nababan dalam awal sambutannya sampaikan ucapan terimakasih kepada PT Inalum atas bantuan dan kepeduliannya ke Taput.

“Pemkab Taput sangat fokus di bidang pertanian dan UMKM, namun akibat keterbatasan anggaran menjadi kendala sehingga kurang masif, bidang UMKM beberapa item berhasil dikembangkan,seperti produk Air Mineral kemasan ProTio, Ulos, berbagai jenis keripik dan Pembuatan Saus di kecamatan Siborong-borong”ucap bupati

Dilanjutkan, di Taput, kita telah buat galery UMKM serta di tanggul sungai Sigeaon ada pusat kuliner serta di Siborong-borong ada pasar kuliner.

“untuk itu kita harapkan adanya bantuan CSR untuk penataan areal tersebut,kita juga berharap agar di Taput ada rumah UMKM dari PT Inalum, dan satu lagi yang paling penting untuk Rice milling untuk para petani dan peternak kita.” ujar bupati.

Sasaran Bantuan Inalum ini kata Bupati, agar bantuan bibit mangga diserahkan ke Muara yang sudah dikenal sebagai daerah penghasil buah mangga, dan bantuan tempat sampah diserahkan kepada dinas Pariwisata dan dinas Lingkungan hidup Taput.(Jas/rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *