Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BBMKG ) Wilayah I Medan Hartanto dan illustrasi angin kencang, hujan dan petir, (kolase foto: hps)

Tapteng ,PRESTASIREFORMASI. Com – Saat ini cuaca di Tapanuli Tengah Sibolga dan sekitarnya masih tergolong normal, meskipun banyak turun hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dan juga perubahan cuaca dengan kondisi panas pada siang hari dan menjelang sore hingga malam hujan turun dengan intensitas sedang hingga lebat.

Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BBMKG ) Wilayah I Medan Hartanto saat dihubungi Senin sore (18/10-2021) terkait dengan keadaan cuaca di daerah ini mengatakan, kondisi cuaca dalam satu minggu kemarin dipengaruhi oleh gangguan cuaca yang berada di sebelah barat philipina yang mengakibatkan menguatnya angin dari Australia yang bersifat kering.

“Gangguan cuaca saat ini sudah mulai melemah dan mengakibatkan pertumbuhan awan hujan mulai kembali terbentuk dan berpotensi mengakibatkan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang. Waspada potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang dalam 3 – 5 hari kedepan.” kata Hartanto. mengingatkan.

Kepala BBMKG Wil I Medan ini menghimbau, Bagi masyarakat nelayan agar tetap Waspada tinggi gelombang 1,25 – 2,5 m. Begitu pula dengan masyarakat yang bermukim di sekitar lereng gunung dan daerah aliran sungai waspada peningkatan tinggi muka air sungai dan longsor di pegunungan. (Zurlang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *