Tanjung balai, PRESTASIREFORMASI.Com – Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Tanjungbalai, H.Waris Thalib berharap Kelurahan Sijambi, Kecamatan Datuk Bandar Kota Tanjungbalai, bisa meraih Juara Kelurahan Terbaik Tingkat Provinsi Sumut 2021.

H.Waris Thalib mengungkapkannya kepada Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tanjungbalai Hj.Fatiah Haitamy saat menghadiri kegiatan penilaian desa/Kelurahan terbaik tingkat provinsi Sumatera utara tahun 2021, di kantor Kelurahan Sijambi Kecamatan Datuk Bandar Kota Tanjungbalai, Selasa (15/6/2021) sore.

Pada kesempatan tersebut turut dipromosi sejumlah hasil produksi kerajinan tangan unggulan tim pengerak PKK Kelurahan Sijambi berupa barang bekas di antaranya botol bekas, plastik bekas, kain bekas (peranca) serta produk makanan ringan.

Plt Wali Kota, H. Waris dalam kata sambutannya mengatakan selamat datang kepada bapak/ibu tim penilai dari Propinsi Sumatera Utara di Kota Tanjungbalai khususnya di Kelurahan Sijambi.

“Perlu kami sampaikan bahwa Kelurahan Sijambi adalah pintu masuk ke kota Tanjungbalai. Maka, oleh sebab itu Kelurahan ini terus berbenah untuk menjadi kelurahan yang cepat tanggap dari segala sesuatu yang berkaitan dengan pemberdayaan dan pembinaan masyarakat,” ujarnya.

“Kami atas nama Pemkot Tanjungbalai tentunya sangat mendukung sepenuhnya kegiatan penilaian kelurahan ini. Kami hanya bisa berdoa agar penilaian ini berjalan objektif. Semoga Kelurahan Sijambi menjadi Kelurahan terbaik dan menjadi contoh dari kelurahan lainnya di Propinsi Sumatera Utara,” sambung Plt Wali Kota.

H.Waris Thalib juga berharap melalui kegiatan ini memberi manfaat dan motivasi buat para lurah lainnya yang ada di Kota Tanjungbalai untuk berbenah, berinovasi dan melakukan berbagai program pembinaan kemasyarakatan yang lebih baik dan inovatif sehingga untuk tahun depan bisa menjadi nominator Kelurahan terbaik pada ajang yang sama mewakili Kota Tanjungbalai.

Sementara itu, Ardianto Selaku Ketua Tim Penilai dari Propinsi Sumut menyampaikan pelaksanaan kegiatan penilaian kelurahan merupakan program Pemprovsu melakukan penilaian terhadap kelurahan yang berprestasi di daerahnya serta untuk memberikan motivasi bagi pembangunan suatu Kelurahan/Desa. Penilaian pada masa pandemi covid 19 kali ini pelaksanaannya wajib menerapkan protokol kesehatan.

Dia menyebut, pada proses penilaian nanti kami ingin melihat dan mengupas lebih dalam terkait dokumen yang sudah disampaikan kepada kami. Salah satunya dokumen yang wajib dipersiapkan dalam penilaian adalah rencana pembangunan menengah desa/Kelurahan dan profil Kelurahan yang memberikan data serta gambaran situasi desa secara utuh. Sebab profil desa/kelurahan menjadi sangat penting dan menjadi prioritas penilaian ini.

“Pada akhirnya, juara Kelurahan/Desa terbaik Tingkat Propinsi akan diikut sertakan dalam temu karya nasional di Jakarta yang nantinya dan dihadiri langsung Bapak Presiden RI sebagai upaya dalam meningkatkan gairah dan Motivasi Pemerintah kepada Pemerintah Daerah khususnya desa/kelurahan,” paparnya.

Selanjutnya proses penilaian diawali dengan penyampaian ekspose oleh Lurah Sijambi, Rosidah Maruf dan juga Ketua TP PKK Kelurahan Sijambi, Khairina Rasyid serta Ketua LPM Kelurahan Sijambi Edy Syahputra.

Pada kesempatan tersebut para tim penilai selanjutnya melaksanakan tanya jawab kepada Lurah, Ketua TP PKK dan Ketua LPM Kelurahan Sijambi dan pihak terkait lainnya guna menggali lebih dalam tentang berbagai hal yang menjadi potensi dan keunggulan dari Kelurahan Sijambi.

Hadir dalam acara tersebut Tim Penilai Assisten Pemerintahan, Nurmalini Marpaung, Ketua Tim Penilai Kelurahan Terbaik dari Pemprovsu, Ardianto dari Dinas pemberdayaan Masyarakat Desa Prop.Sumut Nirman dan Siti Rahmah dari Bappeda Provsu, Atma Sagala dari Inspektorat Sumut, Ony Manulang dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Sumut.

Turut hadir Kepala bagian Pemerintahan dan Otda Setdakot Tanjungbalai, Pahala Zulfikar, Camat Datuk Bandar, Abu Said Lubis S.Ag, Sekretaris Kelurahan dan pejabat Kelurahan Sijambi, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan tokoh agama Kelurahan Sijambi, Bhabinkamtibmas Sijambi Bripka Ade Arwan, Babinsa Kelurahan Sijambi Serka IK. Siahaan serta perwakilan dari Puskesmas Datuk bandar. (Nur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *