Barus Tapteng, PRESTASIREFORMASI. Com – Sejumlah bukti sejarah diperkirakan pada zaman Purbakala, berbentuk batu nisan kubur berukuran besar dan kecil, ditemukan penjaga makam bersejarah Situs Al-Mahligai desa Aek Dakka Kecamatan Barus Kabupaten Tapanuli Tengah.

Batu-Batu nisan itu diduga adalah batu nisan para auliya maupun saudagar dari Arab yang datang ke negeri Barus pada abad ke tujuh Masehi.

Maskuddin Simanjuntak penjaga makam Al-Mahligai kepada PRESTASIREFORMASI. Com Kamis (3/6-2021) mengatakan, batu-batu nisan tersebut ditemukan di beberapa tempat di luar kompleks pemakaman Al-Mahligai.

“Setelah kita dan kawan -kawan menelusuri jurang dan areal persawahan dikaki bukit Mahligai banyak batu nisan yang ditemukan berserakan dan masih terpendam, kemudian digali dan diangkat ke permukaan untuk diselamatkan, ” ujarnya.

Maskuddin Simanjuntak yang juga anggota Pokdarwis Mahligai itu menambahkan, batu-batu nisan itu kini mereka bersihkan dan dipajang di tempat atau lokasi penemuan.

“Kita berharap kepada Pemerintah dan juga para sejarawan dapat melakukan penelitian terkait dengan benda purbakala yang ditemukan ini, diperkirakan masih banyak terpendam disekitar situs Al-Mahligai,” pungkasnya, (Zurlang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *