Tarutung,PRESTASIREFORMASI.Com-Bupati Tapanuli Utara (Taput) Nikson Nababan memimpin Musyawarah Rencana Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Kabupaten untuk Tahun 2022 bersama Pemerintah Provinsi Sumatera Utara yang diwakili oleh Kadis Pemuda dan Olahraga Provsu Ardan Nur, bertempat di Gedung Kesenian Sopo Partungkoan, Rabu (31/03/2021).

Musrenbang RKPD ini dihadiri beberapa pimpinan Perangkat Daerah Provsu juga dihadiri Dandim 0210/TU Lerkol Rony Agus Widodo, Wakil Ketua DPRD Taput Fatimah Hutabarat, SE, Kapolres Taput AKBP Muhammad Saleh, Ketua Pengadilan Negeri Golom Silitonga, M. Hum, Sekretaris Daerah Indra Simaremare, para pimpinan OPD dan Camat se-Kabupaten Taput serta beberapa stakeholder.

Bupati mengatakan ucapan syukur atas pertumbuhan ekonomi Taput cukup membanggakan karena masih diangka positif walaupun ditengah masa pandemi covid-19 saat ini, pertumbuhan ekonomi Taput salah satu yang tertinggi yaitu pada angka 1,50%.

” Terkait rencana pembangunan yang kita laksanakan, infrastruktur jalan dan jembatan masih merupakan fokus primer kita untuk tahun 2022. Ini masih sebagai skala prioritas sampai akhir masa priode saya, sehingga interkoneksi daerah dapat terwujud termasuk lokasi sentra pertanian dan perikanan, pembangunan irigasi juga masih dibutuhkan untuk mendukung program pertanian padi pola IP2,” ucap Nikson Nababan.

Selain itu kata Bupati, Pemerintah Taput telah menyampaikan berbagai usulan kepada Pemerintah Pusat terkait usulan DAK, untuk itu kami berharap dukungan dan sinergitas dengan Provinsi Sumatera Utara sebagai Pemerintah Atasan tetap berjalan dengan baik sehingga usulan tersebut dapat terealisasi secepatnya.

Disampaikannya berbagai program pembangunan lainnya yang butuh perhatian Pemerintah Atasan termasuk dukungan anggaran, terutama dalam program pembinaan UMKM dan bantuan bagi para petani dan peternak seperti ternak babi yang tahan terhadap virus corela.

“Kita sedang giat untuk pengembangan segala potensi yang ada di Taput, terutama untuk pengembangan UMKM lokal, salah satunya kami berharap agar Pemerintah Povinsi turut mendukung pengurusan akte para UMKM kita. Dan berbagai bantuan yang akan diberikan melalui APBD Provsu hendaknya tetap berkoordinasi dan bersinergi dengan kami sehingga bantuan tersebut lebih tepat sasaran dan sesuai dengan skala prioritas kita,” tambah Bupati Taput.

Pada kesempatan tersebut, Bupati kembali mengingatkan agar jajarannya tetap melakukan peningkatan kinerja termasuk dalam hal pelaporan.

“Kita tetap upayakan agar kinerja seluluh perangkat daerah dapat dicapai tanpa melulu berharap dari APBD Kabupaten tetapi bisa mengupayakan dari anggaran Pemerintah Atasan, baik itu Provinsi maupun Pemerintah Pusat melalui Kementeriannya. Saudara pimpinan OPD harus paham kondisi anggaran yang ada di Provinsi maupun hingga Kementerian, harus paham akan pengajuan proposal agar dana tersebut dapat turun ke Kabupaten ini untuk mendukung kinerja kita ” harap Bupati.

Dalam sambutan Gubernur Sumut H. Edy Rahmayadi yang dibacakan oleh Kadis Pemuda dan Olahraga Provsu sampaikan apresiasi atas berbagai usulan Pemkab Taput dalam upaya pencapaian visi dan misinya.

“Kondisi pandemi saat ini memaksa kita semua untuk fokus pada penanganan covid-19, sehingga anggaran semakin terbatas untuk pembangunan fisik dan non fisik. Forum Musrenbang ini memiliki makna yang sangat penting dan strategis mengingat penjabaran visi misi dan juga berdasarkan hasil evaluasi serta perkembangan ekonomi sosial,” ujar Kadispora Provsu Ardan Nur.

Sementara laporan Kepala Bappeda Taput Luhut Aritonang menjelaskan, bahwa kegiatan Musrembang RKPD ini dilaksanakan selama 2 hari termasuk dengan pelaksanaan Paparan/Diskusi Panel oleh beberapa Dinas Provsu dan pelaksanaan Desk.(Jas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *