Suara dentuman yang keras dan misterius mengagetkan warga Kota Malang, Jawa Timur. (Foto: youtube Abiyyu Channel)

Jatim, PRESTASIREFORMASI.Com – Dentuman misterius dan mengejutkan memang terdengar di beberapa wilayah berbeda beberapa hari terakhir. Warga Lampung, Banten, Mojokerto, Cimahi, hingga Bali mendengar suara dentuman misterius itu pada akhir Januari 2021 lalu. Kali ini, Suara dentuman kembali mengejutkan warga di daerah Malang, Jawa Timur.

Suara dentuman misterius di Malang itu muncul sejak Selasa 2 Februari 2021 tengah malam dan dikabarkan masih terdengar hingga Rabu 3 Februari 2021 pagi, meski intensitasnya mengecil.

Di tengah kehebohan dentuman misterius di Malang, Gunung Semeru dan Raung juga ikut menjadi trending topic di Twitter.

Banyak netizen yang menduga dentuman misterius di Malang berasal dari kedua gunung tersebut.

Pasalnya, Gunung Semeru dan Raung sedang mengalami erupsi ketika dentuman misterius di Malang muncul.

Namun, pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang belum menemukan penjelasan yang pasti akan penyebab dentuman misterus tersebut.

Mimin masih belum bisa memperkirakan itu suara dentuman berasal dari mana,” tulis BPBD Kota Malang dikutip Pikiran-Rakyat.com dari akun Twitter @bpbd_malangkota pada Rabu 3 Februari 2021.

Ini masih gali info kepada rekan-rekan daerah lain, mohon waktu ya teman-teman,” katanya menambahkan.

BPBD Kota Malang pun meminta netizen untuk ikut membantu dengan berdoa agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Sekalian kita berdoa. Bersama-sama semoga selalu diberikan keselamatan,” cuit akun tersebut.

mimin masih belum bisa memperkirakan itu suara dentuman berasal dari mana, ini masih gali info kepada rekan-rekan daerah lain, mohon waktu ya teman² sekalian kita berdo’a Bersama-sama semoga selalu diberikan keselamatan— BPBD Kota Malang (@bpbd_malangkota) February 2, 2021

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) juga ikut mencari pemicu dentuman misterius di Malang itu.

Kepala Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono membeberkan data yang didapatkan pihaknya di sekitar daerah Malang.

Dari data tersebut, Daryono mengatakan tidak ada anomali yang mungkin menjadi pemicu dentuman misterius di Malang.

Untuk teman-teman di Malang yang melaporkan pada pukul 00.50 WIB – 1.18 WIB dan pukul 03.00 WIB – 03.22 WIB mendengar suara dentuman misterius, ini catatan sensor BMKG di Pandaan (MLJI) tidak mencatat anomali seismik,” cuitnya di akun Twitter @DaryonoBMKG pada Rabu 3 Februari 2021.

Untuk teman-teman di Malang yang melaporkan pada pukul 00.50 WIB – 1.18 WIB dan pukul 03.00 WIB – 03.22 WIB mendengar suara dentuman misterius, ini catatan sensor BMKG di Pandaan (MLJI) tidak mencatat anomali seismik. pic.twitter.com/dGcEqsSwut— DARYONO BMKG (@DaryonoBMKG) February 2, 2021

Tahun lalu, suara dentuman juga beberapa kali terdengar di wilayah Jabodetabek dan Bandung Raya.

Namun, hingga kini belum ada pihak yang bisa memberikan penjelasan yang pasti atas fenomena dentuman misterius itu. (h/AC/PRc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *