Gianluigi Buffon Kalahkan Sejumlah Nama Legendaris

Gianluigi Buffon. (Foto : Istimewa).

Bola, PRESTASIREFORMASI.Com – Pentolan Juventus, Gianluigi Buffon, mendapat predikat kiper terbaik sepanjang masa. Buffon mengalahkan sejumlah nama legendaris termasuk Lev Yashin dan Iker Casillas.

Sebelumnya, media Italia La Gazzetta dello Sport meminta 18 kiper dari 18 negara berbeda, baik yang masih aktif maupun sudah gantung sarung tangan, untuk memilih satu nama yang dianggap terbaik di posisi mereka.

Dari 18 kiper tersebut beberapa di antaranya adalah Manuel Neuer (Jerman), Peter Schmeichel (Denmark), Michel Preud’homme (Belgia), Dino Zoff (Italia), Julio Cesar (Brazil), hingga eks kiper timnas Meksiko, Jorge Campos.

Sebanyak tujuh suara dari 18 panelis itu sepakat menyebut Gianluigi Buffon sebagai kiper terbaik di dunia sepanjang masa. Kiper legendaris Italia, Dino Zoff, hanya mendapat­kan dua suara. Demikian juga penjaga gawang legendaris Lev Yashin juga hanya dipilih oleh lima panelis.

Sejumlah kiper top seperti Gordon Banks, Sepp Maier, Ladislao Mazurkiewicz, Rogerio Ceni, Claudio Taffarel, Peter Schmeichel hingga Iker Casillas, cuma meraih satu suara.

Buffon sudah menembus tim senior Parma pada 1995, saat itu usianya baru 17 tahun. Pesepak bola kelahiran Carrara membela Parma hingga 2001, lalu pindah ke Juventus dan meraih banyak kesuksesan di sana. Sempat berseragam Paris Saint-Germain pada 2018-2019, Buffon memutuskan kembali ke Juventus dan bertahan hingga kini. (h/rmo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *