Meskipun Ada Covid-19, Pencatatan Nikah di KUA Tapteng Tetap Dilayani

Barus, Prestasireformasi.Com – Di tengah mewabahnya Pandemi Corona Virus Disease (Covid -19) yang terjadi saat ini, Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam akan tetap melayani pelaksanaan dan Pencatatan Nikah di kantor Urusan Agama (KUA) dengan berpedoman kepada Surat Dirjend Bimas Islam tahun 2020 di antaranya membatasi jumlah orang yang mengikuti prosesi akad nikah dalam satu ruangan tidak lebih dari sepuluh orang.

Hal itu dikatakan Kepala KUA Kecamatan Barus Tapanuli Tengah, H.Aliwardana Pulungan menjawab Prestasireformasi.com di Barus , Kamis (2/4-2020).

“Calon pengantin (Catin) dan anggota keluarga yang ikut dalam proses akad nikah diharuskan terlebih dulu cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer dan mengenakan masker sedangkan petugas ,wali nikah dan Catin laki -laki harus menggunakan sarung tangan dan masker saat berlangsungnya Ijab Qabul ” terang Aliwardana.

H.Aliwardana Pulungan , Kepala KUA Kecamatan Barus Tapanuli Tengah

Ia menyebut, untuk pencegahan Covid -19 pada pelayanan akad nikah yang dilaksanakan di luar kantor urusan Agama harus memenuhi kriteria ruangan, prosesi akad nikah dilakukan di tempat terbuka atau ruangan yang berpentilasi sehat dan membatasi jumlah orang yang mengikuti proses akad nikah tidak lebih dari sepuluh orang petugas, wali nikah dan Catin harus memakai sarung tangan dan masker saat Ijab Qabul.

“Untuk layanan lainnya untuk sementara ditiadakan termasuk jenis pelayanan selain pelayanan administrasi dan Pencatatan nikah yang berpotensi menjalin kontak jarak dekat serta menciptakan kerumunan seperti bimbingan perkawinan bagi Catin, konsultasi perkawinan, bimbingan fisikal dan yang lainnya ” ujar Aliwardana. (Zurlang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: