BOLA, prestasireformasi.com – UEFA resmi mengumumkan penundaan dua pertandingan leg kedua babak 16 besar Liga Champions karena dampak penyebaran virus corona.

Dua jadwal Liga Champions yang ditunda akibat virus corona adalah pertandingan Manchester City vs Real Madrid dan Juventus vs Olympique Lyonnais.

Laga Man City vs Real Madrid dan Juventus vs Lyon di babak 16 besar Liga Champions sedianya akan digelar pada tengah pekan depan, Selasa (17/3/2020) atau Rabu (18/3/2020) dini hari WIB.

Pertandingan Man City vs Real Madrid sedianya akan digelar di Stadion Etihad, Manchester. Sementara itu, laga Juventus vs Lyon dijadwalkan diselenggarakan di Allianz Stadium, Turin. Namun, kedua laga itu babak 16 besar Liga Champions itu terpaksa ditunda demi mencegah meluasnya penyebaran virus corona.

Seperti diketahui, skuad Real Madrid sedang menjalani karantina setelah salah seorang anggota tim basket Los Blancos positif terjangkit virus corona.

“Keputusan untuk menunda pertandingan hari Selasa dibuat bersama dengan UEFA sebagai respons konfirmasi bahwa pemain dari Real Madrid akan melakukan isolasi diri selama lima belas hari, setelah diketahui salah seorang pemain dari tim bola basket klub dinyatakan positif COVID-19,” demikian pernyataan Man City.

“Klub mengirimkannya dengan harapan terbaik kepada para pemain dan staf di tim sepak bola dan bola basket Real Madrid,” bunyi pernyataan yang sama.

“Informasi lebih lanjut mengenai tanggal penjadwalan ulang dan informasi tiket terkait akan mengikuti pada waktunya,” tutup pernyataan Man City.

Real Madrid dikabarkan meminta semua pemain mereka untuk mengisolasi diri selama 15 hari menyusul kabar bahwa seorang anggota tim basket Los Blancos positif terjangkit virus corona.

Semua pemain dan staf Real Madrid, termasuk para pegawai di kantor Madrid, dipulangkan. Para pemain sepak bola dan bola basket sebenarnya bekerja di bangunan berbeda di kompleks Real Madrid.

Para pemain yang sempat menjalani latihan pada Kamis (12/3/2020) pagi waktu lokal dipulangkan menyusul kabar seorang pemain klub basket mereka positif terkena virus corona.

Tak hanya Real Madrid, virus corona juga telah menyerang salah seorang pemain Juventus, Daniele Rugani. Rugani adalah pemain pertama Serie A – kompetisi kasta teratas Liga Italia – yang didiagnosis positif corona.

Sejauh ini, virus corona telah menyerang 12.000 orang dan menewaskan 827 orang Italia. Penyebaran virus corona yang kian meluas membuat Perdana Menteri Italia, Giuseppe Conte, resmi mengumumkan bahwa semua kompetisi olahraga termasuk Serie A dihentikan sementara.

Wabah corona bahkan telah mengguncang Inggris dengan pelatih Arsenal, Mikel Arteta, dan pemain Chelsea, Callum Hodson-Odoi, dinyatakan positif terjangkit virus ini.

Melihat perkembangan tersebut, UEFA pun akhirnya memutuskan menunda pertandingan leg kedua babak 16 besar Liga Champions yang mempertemukan Juventus vs Lyon dan Man City vs Real Madrid.

“Menyusul karantina pada pemain Juventus dan Real Madrid, pertandingan Liga Champions selanjutnya tidak akan digelar sesuai jadwal,” tulis pernyataan UEFA dalam situs resmi mereka.

Jadwal anyar untuk laga Liga Champions akan diumumkan UEFA setelah menggelar pertemuan dengan seluruh asosiasi sepak bola negara-negara di Eropa pada 17 Maret mendatang.

UEFA telah mengundang 55 perwakilan anggota asosiasi sepak bola negara-negara Eropa untuk menggelar rapat guna membahas kelanjutan kompetisi Eropa di tengah wabah virus corona ini.

Selain membahas soal kelanjutan liga domestik dan kompetisi level Eropa, diskusi ini juga akan membicarakan soal penyelenggaraan Euro 2020. (h/kcm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *