Gotong Royong Memperkuat Solidaritas Kehidupan Masyarakat

Dairi, PRi.Com – Kondisi memprihatinkan keluarga Ual Sagala dan Nurlina br. Sitorus yang memiliki 4 anak mengalami disabilitas mendapat perhatian khusus Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu.

Pemerintah Kabupaten Dairi menyerahkan langsung bantuan kepada keluarga Ual Sagala/Nurlina br. Sitorus, di Dusun Huta Butul, Desa Lae Hole Kecamatan Parbuluan, Selasa (11/2/2020).

Pemkab Dairi melalui Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi Ny. Romy Mariani Eddy Berutu juga memberikan bantuan pribadi untuk keluarga Ual Sagala.

Sebelumnya Bupati Dairi langsung memerintahkan jajarannya untuk merespon cepat untuk memberikan bantuan dan penanganan sosial terhadap keluarga tersebut. 

Eddy dalam kata sambutannya yang disampaikan Asisten Administrasi Umum yang juga Plt. Kepala Dinas Sosial mengatakan, Pemerintah Kabupaten Dairi sebelumnya sebenarnya telah memberikan perhatian kepada keluarga Ual Sagala.

Beberapa bantuan Bupati itu di antaranya bantuan beras sejahtera (rastra), bantuan kursi roda yang bersumber dari Pemerintah Provinsi. Untuk itu, Dia langsung menginstruksikan Dinas Sosial untuk melakukan cek langsung terkait dengan bantuan yang diberikan pemerintah.

Terkait dengan bantuan disabilitas, Eddy mengatakan sesuai ketentuan yang ada terhadap PKH disabilitas, maksimal dalam satu keluarga hanya satu yang bisa mendapat bantuan disabilitas.

“Terus terang data anak ini untuk 3 orang sudah terdaftar di Kementerian Sosial, yang satu lagi akan kami data ulang. Namun, soal keputusan penerima bantuan ini adalah oleh Kementrian Sosial,” ujarnya.

Namun, Eddy mengutarakan Pemerintah Kabupaten Dairi akan tetap berupaya dengan semaksimal mungkin agar  keempat anak tersebut mendapatkan bantuan disabilitas.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi dalam kesempatan tersebut mengatakan Pemerintah Kabupaten Dairi selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat di seluruh sektor.

Sektor kesehatan merupakan salah satu sektor yang menjadi perhatian khusus Pemerintah Kabupaten Dairi guna terciptanya masyarakat sehat dan sejahtera melalui program Dairi Unggul.

“Pemerintah Kabupaten Dairi pada saat ini hadir untuk memberikan bantuan, kiranya dapat meringankan beban yang selama ini dialami keluarga Ual Sagala,” ujarnya.

Bantuan yang diberikan oleh pemerintah di antaranya seperangkat alat bermain anak-anak untuk meningkatkan pengasuhan dan tumbuh kembang anak. Selain itu ada kursi roda satu unit, matras sebanyak 2 buah, bantuan bahan makanan yang diharapkan dapat menambah asupan gizi anak anak tersebut dan juga ada bantuan uang tunai dari hasil yang dikumpulkan secara sukarela dari berbagai pihak.

Juga diserahkan KTP elektronik ketiga anak keluarga Pak Sagala tersebut guna melengkapi syarat-syarat adminstrasi kependudukan.

Kepada pihak keluarga, Ketua TP PKK berpesan agar tetap semangat dan tetap kuat dalam menghadapi kondisi keluarga yang sedang dihadapi saat ini.

“Keluarga ini pasti banyak mengalami bagaimana jatuh bangunnya emosi menghadap kondisi ini. Kadang kita bertanya Tuhan kasih cobaan, adilkah Tuhan terhadap kita” paparnya.

Ia mengutarakan, tidak semua orang tua mampu untuk melakukan ini, namun kita harus bersyukur keluarga ini tetap kuat dalam menghadapi situasi keluarga saat ini.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi Ny. Romy Mariani Eddy Berutu, juga menyampaikan dari kejadian ini sangat mengapresiasi nilai gotong royong yang ada di masyarakat Kabupaten Dairi, baik yang tinggal di Dairi maupun di perantauan.

“Sangat terlihat nilai gotong royong yang memperkuat solidaritas dalam kehidupan masyarakat Kabupaten Dairi. Berbagai pihak memberikan bantuan dan perhatiannya, atas bantuan dan perhatian itu kami mengucapkan terima kasih,” ungkap Ny. Romy Mariani .

Usai menerima bantuan, pihak keluarga yang diwakili Pak Ual Sagala menyampaikan ucapan terimakasih yang tak terhingga kepada Pemerintah Kabupaten Dairi bersama jajarannya dan kepada Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi yang telah menyempatkan waktu berkunjung dan menyerahkan bantuan.

Bantuan yang telah diberikan tersebut mereka harapkan akan mereka pergunakan untuk keperluan pengobatan keempat anak mereka. Selain itu, pihak keluarga juga berharap agar kiranya Pemerintah Kabupaten Dairi dapat menyalurkan air bersih di kawasan tersebut.

“Karena kawasan yang kami tempati sampai saat ini belum memiliki sarana air bersih sehingga kami dan warga kesulitan melakukan aktivitas sehari hari,” ujarnya berharap segera diadakan air bersihdi sana.(Nur/inf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *