Kantor Bupati Dairi Jalan Sisingamangaraja nomor 127 diambil saat senjahari Selasa (05/02).

  • Jumlah peserta Seleksi CPNS sebanyak 19.026 orang
  • Jadwal pelaksanaan Seleksi CPNS berlangsung dari tanggal 6 s/d 19 Februari 2020

Dairi, PRi.Com – Bupati Dairi bersyukur, Kabupaten Dairi mendapatkan perhatian yang tinggi dari masyarakat calon PNS untuk  berkarier sebagai pegawai negeri sipil di lingkungan Pemerintah Kabupaten Dairi. Jumlah peserta seleksi CPNS ke Kabupaten Dairi merupakan yang terbanyak di Indonesia.

Hal itu terungkap saat Pemerintah Kabupaten Dairi menyelenggarakan  temu pers menyangkut penjaringan dan penerimaan pendaftaran CPNS tahun 2020 di Jalan SM.Raja  no 127 Sidikalang kabupaten Dairi, Selasa (5/2/2020).

Pendaftaran CPNS di kabupaten Dairi, mengacu pada arahan dan perintah Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu, agar Pemerintah Kabupaten Dairi melakukan persiapan yang efektif dalam melayani para peserta CPNS melaksanakan ujian seleksi.

Selanjutnya, disampaikan langkah-langkah persiapan tahapan Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Penerimaan CPNS Kabupaten Dairi Formasi Tahun 2019, Hal-hal terkait dengan pelaksanaan seleksi CPNS.

Jumlah peserta Seleksi CPNS sebanyak 19.026 orang, berdasarkan penetapan hasil verifikasi administrasi secara online. Adapun formasi yang diterima sebanyak 285 formasi untuk tenaga kependidikan dan kesehatan.

Jadwal pelaksanaan Seleksi CPNS berlangsung dari tanggal 6 s/d 19 Februari 2020 (selama 14 hari sudah termasuk dengan hari libur/minggu), yang ditentukan berdasarkan penetapan dari Panitia Seleksi Nasional (Panselnas).

Tempat pelaksanaan Seleksi CPNS di Hotel Berristera-Sitinjo, dengan menggunakan 2 (dua) unit ruangan aula.

Jumlah peserta seleksi untuk masing-masing sesi telah ditentukan sebanyak 300 orang, selanjutnya peralatan komputer PC/Laptop yang telah disiapkan sebanyak 320 unit, digunakan pada saat ujian berlangung sebanyak 300 unit. Untuk cadangan sebanyak 20 unit.

Pada hari  pertama tanggal 6 Februari 2020 dan setiap hari Jumat yakni tanggal 7 dan 14 Februari 2020 ujian dilaksanakan dengan 4 sesi, dan pada hari lainnya dilaksanakan dengan 5 sesi, dengan alokasi waktu masing-masing sesi selama 90 menit. Dan terkhusus untuk tanggal 19 Februari 2020 berlangsung sebanyak 2 sesi dengan jumlah peserta 300 orang.

Adapun materi ujian dibagi 3 (tiga) komponen, yaitu Test Wawasan Kebangsaan (TWK) dengan total passing grade 65,Test Intelegensia Umum (TIU) dengan total passing grade 80 ,Test Karakteristik Pribadi (TKP) dengan total passing grade 126

Sehingga total nilai passing grade 271. Perlu juga disampaikan bahwa bila salah satu unsur/komponen tersebut dibawah passing grade walaupun secara total sudah berada di atas jumlah 271, maka peserta CPNS dinyatakan gagal.

Penyediaan server untuk Seleksi CPNS merupakan tanggung jawab dari Tim Panitia Seleksi Nasional yang secara teknis diawasi oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional VI Medan;

Pengawasan saat pelaksanaan ujian menjadi tanggung jawab Tim Badan Kepegawaian Negara Regional VI Medan (BKN).

Untuk mendukung Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Penerimaan CPNS Kabupaten Dairi Formasi Tahun 2019 berjalan dengan sukses, Pemerintah Kabupaten Dairi telah melakukan langkah-langkah dan upaya pelayanan yang maksimal baik kepada para peserta maupun keluarga pendamping yang menjadi tamu Kabupaten Dairi.

Langkah- langkah tersebut di antaranya: memfasilitasi peminjaman computer pada pihak SMP Negeri yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Dairi serta mengkoordinir pihak sekolah agar petugas teknisi komputernya tetap standby apabila dibutuhkan untuk menanggulangi kerusakan.

Disamping pengawasan yang dilakukan oleh Tim BKN Regional IV, Inspektorat juga melakukan pengawasan selama tahapan seleksi berlangsung, sehingga kita harapkan akan terpilih calon-calon PNS yang unggul di Kabupaten Dairi melalui tahapan seleksi yang baik;

Mensiagakan 1 (satu) unit ambulance beserta tenaga medis (Dokter, Bidan dan Perawat) secukupnya, menyediakan P3K dan tabung oksigen dan memfasilitasi kebutuhan di ruangan Laktasi.

OPD terkait bekerjasama dengan Polres Dairi menjamin keamanan dan ketertiban area ujian dengan mengatur area parkir, pemantauan kerawanan dan potensi kemacetan lalu lintas, mengatur peserta pada saat pergantian sesi serta menjaga agar ujian berlangsung dengan aman dan tertib, jauh dari gangguan termasuk kebisingan.

Menyediakan Amrol untuk tempat penampungan sampah sementara dan menyediakan petugas kebersihan di lokasi ujian, menyediakan AC Portable sebanyak 4 unit yang digunakan dalam ruangan ujian.

Menyiapkan dan memfasilitasi toilet berjalan dan tenda sebagai cadangan di sekitar lokasi seleksi penerimaan CPNS serta menyiapkan mobil pemadam kebakaran jika diperlukan setiap saat, bekerjasama dengan pihak PLN untuk mengantisipasi terjadinya pemadaman/gangguan listrik, termasuk penyediaan generator listrik di lokasi selama ujian berlangsung.

Untuk memperkenalkan produk-produk Kabupaten Dairi, Dekranasda Kabupaten Dairi menyiapkan dan memfasilitasi stand dan juga penyebaran informasi pariwisata di area ujian.

Selanjutnya Pemerintah Kabupaten Dairi juga menghimbau masyarakat melalui surat edaran yang berisi tentang Restoran/RumahMakan/Hotel dan sektor-sektor kebutuhan lainnya agar tidak memanfaatkan kesempatan untuk menaikkan harga makan/minuman, produk dan jasa lainnya secara signifikan.

Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu, menghimbau kepada para peserta seleksi, agar dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya dan menjaga ketertiban selama mengikuti proses ujian. Peluang ini bukanlah ajang mengadu nasib melainkan ajang mengadu kemampuan intelegensia.

Bupati Dairi Bapak Dr. Eddy Keleng Ate Berutu, memohon pengertian seluruh masyarakat Dairi untuk mendukung pemerintah dalam proses penerimaan CPNS serta mengharapkan pengertian masyarakat sekitar kota Sidikalang bila ada gangguan kenyamanan seperi terganggunya lalu lintas dan lain-lain.

Eddy juga mengharapkan kepada masyarakat agar mendoakan kiranya tahapan ujian ini terselenggara dengan baik dan lancar sehingga menghasilkan calon PNS yang unggul untuk Kabupaten Dairi. Mari kita menjadi tuan rumah yang baik untuk kemajuan Kabupaten Dairi .(Nur/inf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *