Pelindo 1 Siapkan Layanan Prima Jelang Natal & Tahun Baru 2020

Belawan, PRi.Com – PT. Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo I terus memperkuat layanan operasional untuk menghadapi peak season Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 sejalan dengan proyeksi lonjakan arus penumpang.

Lonjakan tersebut diperkirakan akan berlangsung dari 18 Desember 2019 hingga 08 Januari 2020 yang terdapat pada delapan cabang pelabuhan dan tiga kawasan pelabuhan yang dikelola Pelindo I. Ini meliputi Pelabuhan Belawan, Sibolga, Gunungsitoli, Tanjung Balai Asahan, Dumai, Tanjungpinang, Tanjung Bakai Karimun, Tembilahan, Selat Panjang, Bengkqlis dan Singai Kolak Kijang.

Direktur Operasi dan Komersil Pelindo I Syahputera Sembiring mengatakan hal itu dalam kesempatan temu pers di Belawan, Senin (16/12).

Ia siang itu didampingi Corporate Secretaris Pelindo I M. Eriansyah, General Manager Pelindo I Terminal Peti Kemas Domestik Belawan (TPKDB) Indra Pamulihan, Asmen Humas Pelindo I Cabang Belawan Mufthirrahman, dan staf Hume Pelindo I Rica Agnes Girsang.

Peningkatan layanan tersebut  imbuh Syahputera, Pelindo I akan  melaksanakannya wekuruh layanan,   baik kesiapan SDM, fasilitas, pelayanan kapal, pelayanan penumpang, sarana dan prasarana serta aspek lainnya. Ini guna memberikan layanan prima kepada para penumpang dan pengguna jasa.

Dalam mengimplementasikan layanan terbaik tersebut, Pelindo I imbuhnya,  secara intensif  berkoordinasi dengan Tim Terpadu Pelayanan dan Monitoring yang terdiri dari: Kesyahbandaran, Otoritas Pelabuhan, Polri, TNI AL, Bea Cukai, Karantina, Imigrasi dan Kesehatan Pelabuhan untuk memantau kelancaran angkutan arus mudik Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, sehingga seluruh aspek operasional diharapkan dapat selalu termonitor dengan baik.

Dalam kaitan itu, Pelindo juga menyiapkan Posko Bersama 24 jam. Ini guna mendukung lancarnya ayanan operasional selama periode Natal 2019 dqn Tahun Baru 2020.

Sediakan Bus

Mengantisipasi lonjakan arus penumpang, Pelindo I memberikan layanan  penunjang Terminal Penumpang dengam menyediakan bus angkutan untuk pelayanan angkutan gratis.

Bus ini beroperasi selama 24 jam menuju terminal tujuan atau stasiun angkutan umum  terdekat serta menyediakan angkutan umum gratis dari terminal penumpang ke lokasi tujuan penumpang.

Syahputera juga menguraikan, selama periode angkutan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, jumlah penumpang naik dan turun melalui delapqng pelabuhan yang dikelola Pelindo I tercatat sebanyak 503.480 orang.

Jumlah ini terbilang 27 % dibanding periode yang sama tahun lalu yang tercatat sebanyak 395.839 orang.

Jumlah penumpang terbanyak tercatat di Pelabuhan Tanjungpinang. Pada arus mudik Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 tercatat 182.619 orang, naik sekitar 31 % dibanding periode angkutan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 dengan jumlah 139.423 orang.

Pesan Tiket Penyeberangan

Untuk memberikan kemudahan lainnya, imbuh mantan GM Pelindo I Cabang Belawan, para pengguna jasa transportasi laut bisa memesan tiket kapal penyeberangan antarpulau dean mengakses aplikasi e-ticketing Nyebrang Yuk! Untuk penumpang daru dan ke Terminal Penumpang Sri Bintan pura,Tanjungpinang.

Para penumpang juga akan dipermudah dengan sistem e-pass, yaitu sistem pembayaran pas masuk pelabuhan secara non  tunai yang digunakan hanya dengan menempelkan kartu ke mesin yang tersedia.

“Bahkan kami juga  menyediakan sistem e-berthing. Ini digunakan untuk pelayanan tambatan kapal secara online yang bisa dimanfaatkan oleh perusahaan pelayaran di Terminal Penumpang Sri Bintan Pura,” ujarnya..

“Kami mengimbau para pebumpang dan pengguna jasa untuk memanfaatkab seluruh fasilitas yang telah disediakan Pelindo I bagi memudahkan perjalanan selqma arus mudik Natal dan Tahun Baru,” pungkas Syahputera.

Selain itu, Pelindo I juga menyediakan media pelaporan melalui portal korporat: www.pelindo I.co.id serta menetapkan narahubung di masing-masing pelabuhan.” urai Syahputera Sembiring menyudahi ucapannya. (masri tanjung).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: