Tarutung, PRi.com– Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan dan Ekonomi YC. Hutauruk bersama Ketua TP PKK Taput Ny. Satika Nikson Nababan boru Simamora didampingi Kadis Pengendalian Penduduk, KB, Pemberdayaan Perempuan dan Anak (PPKBP3A) Sudirman Manurung menghadiri Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2019 bertempat di Gedung Nasional Tarutung Selasa (24/09).

Sambutan Bupati pada peringatan yang bertema ‘Peran Keluarga dalam Perlindungan Anak’ ini, mengajak seluruh komponen masyarakat untuk melakukan upaya perlindungan dan mewujudkan kesejahteraan anak dengan memberikan jaminan terhadap pemenuhan hak-hak anak dan perlakuan tanpa kekerasan, eksploitasi dan diskriminasi.

“Pemerintah Kabupaten Taput melalui programnya terus berjuang keras untuk menjadikan Taput ‘Kabupaten Layak Anak’, (KLA) termasuk dengan tahapan terbentuknya Forum Anak Kabupaten Taput yang keanggotaannya terdiri dari perwakilan pelajar tiap kecamatan se-Taput, pelaksanaan bina generasi muda dan sosialisasi Undang-undang Perlindungan Anak.

Dalam kaitan ini Pemerintah butuh dukungan dari orangtua, keluarga, masyarakat dan dunia usaha dengan mengutamakan kepentingan yang terbaik bagi anak,” ucap YC Hutauruk.

Ketua TP PKK Taput mengatakan bahwa Peringatan Hari Anak Nasional dimulai dari anak yang butuh sentuhan dari orangtua, masih banyak butuh uluran tangan bagi anak yang di luar sana seperti anak cacat atau berkebutuhan khusus dan anak yang tidak mampu.

“Pemerintah sudah melaksanakan program pendidikan gratis sekolah maka benar-benarlah melaksanakan segala prioritas untuk dinikmati anak-anak di daerah ini. Dalam peringatan Hari Anak Nasional ini perlu kita berbagi dengan hati yang tulus, jika orangtua kuat maka anak-anak kita akan kuat. Pendekatan kepada anak harus lembut dan jangan pernah berbuat kasar karena hidup orangtua untuk anak-anak,” ucap Satika Simamora.

Dalam laporan Kadis PPKBP3A Sudirman Manurung menyampaikan, tujuan ini untuk kesadaran setiap indivu keluarga dalam menciptakan lingkungan yang terhindar dari kekerasan.

“Untuk mendukung upaya tersebut, maka diadakan beberapa perlombaan yaitu, kelompok bermain lomba mewarnai, tingkat TK lomba puisi, tingkat SD lomba melukis serta tingkat SMP lomba pidato sesuai dengan thema peringatan HAN,” yang setiap juara mendapatkan hadiah ucap Sudirman Manurung.(Jas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *