Taput mulai Terpapar Asap, Warga kurang Nyaman Bernapas

Tarutung, PRi.com– Sejak kemarin, Selasa (17/9) tidak sedikit warga Tapanuli Utata (Taput) khususnya kota Tarutung kurang nyaman bernafas, bahkan mata juga agak terganggu akibat asap yang sudah mulai terlihat di daerah ini.

Bahkan anak usia balita tidak sedikit yang terjangkit sakit panas dan batuk yang menimbulkan rasa khawatir para orangtuanya.

Beberapa warga menyebut kalau kondisi ini disebabkan asap yang sudah terlihat menggumpal di langit dan menyebar ke bawah walaupun jarak pandang masih belum mengganggu namun mata terasa pedih.

Salah seorang warga marga Tampubolon di Tarutung, memprediksi kalau asap ini jelas akibat Karhutla (kebakaran hutan dan lahan) yang akhir-akhir ini melanda Negeri kita,” ujarnya.

Paparan asap itu telah mengganggu penglihatan dan pernafasan penduduk di daerah ini, diduga berasal dari kebakar hutan di Provinsi Riau.

“Untuk itu,v by Pemkab Taput melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sebaiknya lakukan antisipasi seperti di daerah lain, agar warga terhindar dari hal yang tidak diinginkan”, kata Tampubolon berharap. (Jas).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: