Sambut Tahun Baru Islam Ribuan Warga Medan Utara Gelar Pawai Obor

Belawan, PRi.Com—Ribuan ummat Islam dari kawasan Medan Utara tampak bersukacita menyambut Tahun Baru Islam 01 Muharram 1441 Hijriyah. Rasa syukur berpadu semangat juang memasuki tahun hijrah itu mereka gelorakan dengan menggelar pawai obor, Sabtu (31/8).

Pawai ini diselenggarakan oleh Badan Kenaziran Masjid (BKM) se Kecamatan Medan Belawan. Iring-iringan pawai dimulai dari depan Masjid Jami’ Jalan Selebes Belawan dengan menempuh rute sepanjang 5,2 Km mengelilingi ruas jalan 5 kelurahan di ujung Utara Kota itu. Medan.

Pawai ini dimeriahkan sekitar 3.000 orang peserta jalan kaki dan komunitas sepeda motor N/ Maxx serta drum band Jalasenastri Hang Tuah Belawan. Lapisan masyarakat tua dan muda berbaur dalam menyemarakkan suasana pawai.

Gema takbir dan shalawat terdengar gegap-gempita dari masing-masing peserta.
Pawai dipandu oleh mobil foredes Polisi dan mobil komando panitia pelaksana.

Pengamanan titik strategis persimpangan dibantu oleh prajurit militer dari POM Lantamal I, Marinir, Subdenpom I-1/5 dan Laskar KAUMI, FPI, Pemuda Pancasila dan RAPI Lokal Camar.

Rasa syukur berbingkai semangat menyambut momentum tahun hijrah ini digugah dengan tausiyah oleh al-Ustad H Latief Khan, S.Ag di atas mobil komando.

Dalam tausiyahnya yang dikumandangkan di 5 titik perhentian, al-Ustad mengajak ummat Islam di kawasan Medan Utara ini bersama menyatukan tekad perubahan menuju kepada kehidupan yang diridhoi Allah, yakni menegakkan amar ma’ruf nahi munkar.

“Wahai saudaraku, mari bersama kita capai dan wujudkan mimpi besar kita menuju Baldatun Thayyibatun Warabbun Ghafur. Untuk mewujudkan impian itu, berhentilah dari perbuatan-perbuatan yang dilarang Allah. Kepada mereka yang selama ini gemar melakukan perbuatan terlarang seperti gemar berjudi, mengkonsumsi narkoba, minuman keras, korupsi, zina dan adu domba, dengarlah pesan ini, agar Allah memberikan yang terbaik bagi kita dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.” imbau Latief Khan disambut pekikan takbir.

Pawai obor yang berakhir di garis finish depan Masjid Jami’ Jalan Selebes Belawan malam itu berlangsung tertib dan aman.

Penasehat Panitia Pelaksana Pawai Obor Peringatan Tahun Baru Islam 01 Muharram 1441 Hijriyah BKM Kecamatan Medan Belawan, H.Irfan Hamidi didampingi Ketua Panitia Teuku Jamaluddin menyebutkan, Pawai Obor ini digelar bertujuan untuk mengingatkan kepada generasi Islam agar mereka tidak lupa pada Hari-hari Besar Islam dan tidak larut dengan budaya asing yang bertentangan derngan ajaran Islam. (masri tanjung).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: