Daging Kurban Dibekukan, Idealnya Berapa Lama sebelum Dikonsumsi

Daging berapa lama bisa dibekukan agar aman dikonsumsi?

PRi.Com – Berkah Idul Adha tahun 1440 Hijriyah ini masih cukup terasa, apalagi bagi mereka yang berkesempatan ikut sembelih daging qlurban DEMI, Bai sapi maupun kambing.

Nah, lalu ada sedikit problem karena stok daging lumayan banyak sehingga harus disimpan dan dibekukan, sewaktu-waktu dikonsumsi. Tapi berapa lama kau daging itu aman dikonsumsi jika dibekukan?

Menjaga kualitas daging kurban, Anda perlu memerhatikan lama waktu penyimpanan daging kurban di kulkas. Ada batas waktu penyimpanan daging kurban di bagian kulkas biasa dan freezer.

Ahli teknologi pangan Purwiyatno Hariyadi menyampaikan, jangka waktu menyimpan daging kurban di kulkas biasa selama 3-4 hari. Batas waktu tersebut masih cukup.

“Tapi selama (daging kurban) itu di-frozen atau istilahnya dibekukan bisa bertahan seminggu, tiga minggu, sebulan, tiga bulan bahkan kuat sampai empat bulan,” ujar Purwiyatno dalam keterangannya, ditulis Senin (12/8/2019).

Berdasarkan Food Safety.gov, penyimpanan daging merah di freezer untuk steak dan daging panggang bisa bertahan 4-12 bulan. Untuk daging merah yang masih segar dan tidak diawetkan bisa bertahan 4-6 bulan.

Daging kurban yang disimpan dengan dibekukan pada dasarnya upaya untuk mempertahankan kandungan gizi. Pertumbuhan bakteri pun lebih lambat dibanding daging disimpan di kulkas biasa.

“Daging yang dibekukan pun aman dikonsumsi meski mengalami perubahan tekstur,” Purwiyatno menambahkan.

Kemungkinan ada rasa yang hilang pada daging beku dan membuat Anda tidak nyaman saat memakannya. Tapi daging beku tetap aman dikonsumsi. (h/krj)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: