Bungo, PRESTASIREFORMASI.Com – Dinas Kesehatan Kabupaten Bungo menggelar berbagai kegiatan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 Tahun 2023 sekaligus Family Gathering di Lapangan Eks MTQ Baru, Minggu (19/11).

Kegiatan ini dilaksanakan dihadiri oleh Kepala BPJS Kesehatan, Dirut maupun Staf RS H. Hanafie, RS Jabal Rahmah, RS Permata Hati, Klinik Kasih Medical Centre Bungo, seluruh Sekolah Kesehatan yang ada di Bungo, IAK Setih Setio Bungo, PSC 119 Bungo, semua staf Dinkes Bungo mulai dari para Kepala, Pegawai ASN maupun Honorer di Puskesmas yang ada di Kabupaten Bungo serta undangan lainnya.

Dikatakan oleh Kadis Kesehatan Bungo dr. H. Safaruddin Matondang, M. PH melalui Sekdis Kesehatan Hj, Rita Adriyanti, SKM sekaligus Ketua Pelaksana HKN ke 59 Tingkat Kabupaten Bungo menuturkan, dalam rangka Peringatan HKN ke-59 Tahun 2023 ini mengusung tema “Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju”.

Dimana, sesuai arahan Menteri Kesehatan, ada 6 pilar kesehatan yang harus dicapai yaitu transformasi layanan primer yang mengutamakan pencegahan dibandingkan pengobatan. Pilar kedua adalah transformasi layanan rujukan, dimana semua daerah harus memiliki standar layanan rujukan dan rumah sakit harus memberikan pelayanan yang merata dan berkualitas.

“Pilar ketiga yaitu transformasi SDM kesehatan dimana seluruh SDM tenaga kesehatan di Indonesia harus merata, tidak hanya tersentral di Pulau Jawa saja. Pilar keempat adalah transformasi ketahanan kesehatan, dimana didalamnya produksi dalam negeri diutamakan. Selanjutnya pilar kelima, yaitu pembiayaan kesehatan yang diharapkan efektif dan transparan. Sedangkan, pilar terakhir adalah layanan transformasi teknologi kesehatan, dimana aplikasinya harus terintegrasi dari mulai layanan kesehatan, maupun layanan lain di bidang kesehatan dalam satu platform Satu Sehat,”terang Safaruddin Matondang.

Kemudian Safaruddin menjelaskan bahwa seluruh staf maupun lainnya yang ada di bawah naungan Dinas Kesehatan Bungo maupun RS, maupun Sekolah Kesehatan lainnya telah mengikuti berbagai kegiatan dalam rangka memperingati HKN ke-59 tahun 2023.

“Adapun kegiatan yang sudah dilakukan dalam rangka memperingati HKN hampir semua jenis kegiatan olah raga seperti kegiatan Bakti Sosial dilaksanakan oleh organisasi profesi kesehatan lomba olahraga antara lain badminton, volleyball lomba kelereng dalam sendok lomba, pacu karung, lomba makan kerupuk, lomba bakia dan turnamen domino telah dilaksanakan sejak awal bulan November yang lalu. Dan family gathering yang dilaksanakan hari ini ada juga lomba senam Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS).

Acara seremonial HKN itu sendiri akan dilaksanakan pada hari Senin tanggal 27 November 2003 di lapangan Upacara Kantor Bupati dan acara tersebut akan digabung dengan acara peringatan Hari Korpri dan PGRI dalam acara tersebut akan ada kegiatan lain yaitu :
Penyerahan Ambulans untuk 2 UPT RS RS Rantau Ikil dan RS Kuamang Kuning, Tanda Tangan Prasasti 2 Unit RS 1 Unit Lapkesda, 4 unit Gedung Poned dan 1 unit Bangunan Reguler Puskesmas Muara Bungo 1 dan penyerahan hadiah untuk Nakes Teladan tahun 2023 untuk Desa PHBS,”pungkas Kadis. (hen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *