(Catatan : Zuardi Mustafa Simanullang)

Perayaan Maulid Nabi dilaksanakan setiap tanggal 12 Rabiul Awal sesuai tanggal kelahiran Nabi Muhammad SAW yang disebutkan dalam kitab-kitab Tarikh dan paling diyakini kebenarannya. Menurut Kalender Hijriah Indonesia Tahun 2023 M yang disusun oleh Bimas Islam Kementerian Agama RI, Maulid Nabi 2023 jatuh pada tanggal 28 September 2023 atau bertepatan dengan hari Kamis.

Setiap tanggal 12 Rabiul Awal kita mengadakan peringatan Maulidin Nabi Muhammad saw, Peringatan ini diadakan karena rasa syukur kehadirat Allah swt, atas kelahiran beliau selaku utusan Allah swt dan sebagai rahmat bagi alam semesta.

Sebenarnya tanggal 12 Rabiul Awal itu, bukan saja hari kelahiran Nabi Muhammad saw akan tetapi juga hari kadatangan beliau dari Makkah ke Madinah dalam peristiwa Hijrah dan juga hari wafat beliau. Tiga hal yang menjadi tonggak sejarah kehidupan itu kita peringati, sehingga diharapkan dapat diambil hikmah, manfaat serta contoh teladan dalam mengharungi hidup ini.

Sebagaimana dimaklumi, sebelum Nabi Muhammad saw lahir, kehidupan masyarakat Mekkah adalah kehidupan masyarakat jahiliyah yang sama sekali tidak manusiawi, dengan kelahiran beliau akhirnya masyarakat yang jahiliyah tersebut berubah menjadi masyarakat Tauhid, penegak kebenaran serta berkepribadian yang Luhur sesuai dengan ketentuan Allah swt, dengan kelahiran beliau pula, maka berubahlah beberapa hal pokok serta mendasar antara lain bidang akidah dan bidang sosial kemasyarakan.

Perubahan yang lain yang dibawa Nabi Muhammad saw adalah perubahan sosial kemasyarakan, dengan kelahiran beliau masyarakat ditata kembali sesuai dengan nilai -nilai Kemanusiaan saling membutuhkan, saling hormat menghornati sebagai makhluk Tuhan yang sama -sama mempunyai kelebihan disamping sama -sama mempunyai kekurangan, sebagaimana Nabi bersabda dalam Hadits yang diriwayatkan Bukhori ” Tidak sampurna keimanan seseorang, sehingga mereka mencintai kepada saudaranya, sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri. “

Nabi Muhammad saw adalah contoh teladan kehidupan Islam yang merupakan kebutuhan mutlak untuk dicontoh serta diteladani.Terima kasih. **

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *