Barus ,PRESTASIREFORMASI. COM– Pemkab Tapanuli Tengah melalui Dinas Pariwisata Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng),Kamis (23/7-2020) melaksanakan kegiatan penyaluran Bansos Bantuan Langsung Siap Saji (Balasa) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf)  RI untuk para kelompok sadar wisata  (Pokdarwis) di empat Kecamatan, kabupaten Tapteng.

Penyaluran Balasa itu diadakan di Mapolsek Kecamatan Barus, disaksikan Kapolsek Barus Iptu Heriyanto Hasiholan Panjaitan dan Anggota Koramil 01 Barus 

Penerima bantuan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI tersebut terdiri dari Pokdarwis Maligai, Papan Tinggi, Sangge-Sangge dan Bintang Mandiri sebanyak 112 Paket berupa beras, minyak goreng, gula pasir, mie telur , tepung terigu dan kentang kering.

 Kadis Pariwisata Tapteng, Rahmad Saleh Jambak melalui Kasi Usaha dan Jasa Dinas Pariwisata Kab Tapanuli Tengah John Friyadi Hutabarat kepada PRESTASIREFORMASI.COM mengatakan,  pembagian Bansos ini bertujuan untuk meringankan beban dan kesulitan para anggota Pokdarwis, akibat terdampak  pandemi Covid-19.

“Pandemi virus corona 19 telah mempengaruhi aspek sosial dan ekonomi masyarakat, sehingga menyebabkan pendapatan mereka merosot tajam. Termasuk para kelompok sadar wisata,akibat minimnya jumlah wisatawan yang berkunjung ke daerah ini, otomatis sangat memperngaruhi pendapatan mereka,” kata Hutabarat 

“Bantuan ini datang dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI bagi para pelaku usaha wisata termasuk Pokdarwis yang ada di Tapanuli Tengah, terutama pelaku wisata dibawah Binaan Dinas Pariwisata khususnya Pokdarwis sebagai perpanjangan tangan Dinas Pariwisata didaerah ini ” ujar Hutabarat. 

Sementara Kapolsek Barus Iptu Heriyanto Hasiholan Panjaitan pada kesempatan itu, kepada para anggota kelompok sadar wisata mengharapkan tetap mematuhi Protokol Kesehatan,memakai masker jaga jarak dan sering cuci tangan pakai sabun. 

Para Kelompok Sadar Wisata yang menerima bantuan langsung siap saji tersebut, Pokdarwis Bintang Mandiri Sosorgadong 35 paket , Pokdarwis Mahligai Aek Dakka Barus 15 paket  ,Papan Tinggi Pananggahan Barus Utara 39 ,dan Pokdarwis Sangge -Sangge Kec. Andam Dewi, 23 paket,

Untuk Kec Sorkam yakni Pokdarwis Muara Nauli 28 , dan Kec Sorkam Barat Pokdarwis Binasi 20 paket,secara keseluruhan untuk Tapteng sudah kita distribusikan sebanyak 507 paket ” kata Jhon Friyadi Hutabarat. (Zurlang)

BACA JUGA:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *