Tujuh Ketua Organisasi Pers menandatangani MOU di ruang Rupa Tama Polres Karimun.

Karimun, prestasireformasi.com – Suatu gebrakan yang patut diancungi jempol, Polres kabupaten Karimun jalin kerja sama yang baik dengan unsur pers media cetak dan elektronik ditandai dengan penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU).

Penandatanganan MoU atau nota kesepahaman tentang keterbukaan informasi publik antara Polres dengan tujuh organisasi Pers di Kabupaten Karimun, dilaksanakan di ruang Rupatama Polres Karimun, Selasa (3 Maret 2020) Pukul 00.09. Wib.

Dalam sambutannya Kapolres Karimun Yos Guntur Yudi F.S.SH,SIK, MH, terkait keterbukaan Formasi Publik inii menjalin hubungan yangbaik antara Polres Karimun dan Pers yang ada di wilayah Kabupaten Karimun.

Isi MoU tersebut adalah:
1. Selasa tanggal tiga bulan maret tahun dua ribu dua puluh, yang bertanda tangan di bawah ini : Ajun Komisaris Besar Polisi Yos Guntur Yudi F.S,SH, S.I.K, MH selaku Kepala Kepolisian Resor Karimun, dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama Kepolisian Resor Karimun, selanjutnya, disebut Pihak pertama.

2. Dari Tujuh Organisasi Pers yang terlibat dalam Penanda Tanganan MOU tersebut antara lain. Persatuan Wartawan Indonesia (PWI ) Kabupaten Karimun, yang diketuai oleh Sandi Pramosinto, Alnovyan Harmindo Alba selaku Anggota Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kabupaten Karimun, Ferdino selaku Anggota Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Kabupaten Karimun, Rusdianto selaku Ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Karimun. Ilfitra selaku Ketua Jurnalis Karimun (JK) Kabupaten Karimun, Yuliana selaku Ketua Korps Wartawan Karimun Kabupaten Karimun (KWK), Judin Manik selaku Ketua Forum Wartawan Kabupaten Karimun (FWKK), selanjutnya disebut Pihak kedua.

Pihak Pertama dan Pihak Kedua secara bersama-sama disebut para pihak terlebih dahulu menerangkan hal – hal sebagai berikut.
Bahwa pihak Pertama adalah alat negara yang berperan dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan Hukum, memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka terpeliharanya keamanan dalam negeri.

Bahwa pihak Kedua adalah lembaga Independen yang fungsinya mengembangkan Kemerdekaan Pers, meningkatkan kehidupan Pers Nasional memberikan pertimbangan dan mengupayakan penyelesaian pengaduan masyarakat atas kasus kasus yang berhubungan dengan Pemberitaan Pers.

Ketua KWK Yuliana menandatangi MOU di ruang rupa Polres karimun.

Dengan memperhatikan Peraturan perundangundangan sebagai berikut.-
Undang undang No. 40 Tahun 1999 tentang Pers ( Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1999 No.166, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia No. 3887)
Undang – Undang No. 2 Tahun 2002 Tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia No. 4168.
Nota kesepahaman antara Dewan Pers dan Kepolisian Negara Republik Indonesia No.2/MoU.II/2017 No. B/15/II/2017 Tentang Kordinasi Dalam Perlindungan Kemerdekaan Pers dan Penegakan Hukum terkait Penyalah Gunaan Profesi Wartawan.

Berdasarkan hal – hal di atas para pihak sepakat untuk melanjutkan kerja sama dalam rangka koordinasi dalam keterbukaan informasi publik, melalui Nota Kesepahaman.

Untuk itu, jajaran Polres dan insan pers di Kabupaten Karimun sepakat untuk melanjutkan kerja sama koordinasi dalam keterbukaan informasi publik, melalui nota kesepahaman.

Sebagai ruang lingkup kesepakatan bersama ini meliputi : pertukaran data atau informasi dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia.

Kapolres Karimun berfoto bersama dengan Insan Pers yang bertugas di kabupaten Karimun , Kepulauan Riau.

Hadir pada acara Penanda tanganan Kapolres Karimun, Kompol Muhammad Chaidir dan para Perwira di lingkungan Polres Karimun.

Penanda tanganan Nota Kesepahaman ( Memorandum Of Understanding / MoU) dihadiri puluhan Wartawan Media Cetak dan Elektronik. (Yuliana)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *