Belawan, RPi.Com – Puluhan anak-anak mengikuti sunatan massal dalam rangka memperingati HUT ke-74 Polisi Militer Angkatan Laut tahun 2020 di Markas Polisi Militer Lantamal I Belawan Medan Sumatera Utara, Kamis (13/02/20).

Bakti sosial sunatan massal yang dibuka langsung Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Lantamal I) Belawan, Laksamana Pertama TNI Abdul Rasyid K, S.E., M.M. diikuti oleh 59 orang anak yang mendaftarkan diri untuk dikhitan.

Pada kesempatan itu, Danlantamal I mengatakan, kegiatan ini merupakan cara TNI Angkatan Laut Khususnya Lantamal I dan Pomal Lantamal I Belawan untuk memberi kontribusi kepada masyarakat di sekitarnya.

“Selain memfasilitasi masyarakat dalam memenuhi syariat Islam, juga untuk menjaga kesehatan masyarakat di masa depan,” kata Danlantamal I.

Kegiatan ini merupakan agenda tahunan Lantamal I, pada tahun ini diselenggarakan Pomal Lantamal yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan dan Rumkital Dr. Komang Makes Lantamal I yang mengadakan bhakti sosial sunatan massal dalam rangka peringatan HUT Pomal yang ke-74.

Peserta berasal dari Masyarakat sekitar Belawan terutama Kampung Nelayan Dan Panti Asuhan yang berada di Sekitar Medan Belawan. Danlantamal I berharap, tahun depan, diharapkan bisa menjangkau lebih banyak anak-anak lagi.

Komandan Polisi Militer Lantamal I Letkol Laut (PM) Wakid Chomarudin, S.AP., M.Tr (Hanla) mengatakan, “Melalui bakti sosial khitanan masal kali ini dapat dijadikan sebagai wahana untuk mempererat silaturahmi dengan keluarga peserta khitanan massal”.

Polisi Militer Angkatan Laut akan memperingati Hari Ulang Tahunnya ke-74 Bulan Februari ini, sehubungan dengan hal tersebut Pomal Lantamal I melaksanakan bakti sosial khitan secara massal yang juga merupakan Sunnah Rasulullah.

“Mudah-mudahan hal ini dapat membantu khususnya bagi masyarakat sekitar Belawan,” ujar Wakid.

Danpomal Lantamal I menyampaikan permohonan maafnya, bila dalam pelaksanaan kegiatan khitanan massal ini masih ada hal yang kurang berkenan di hati orang tua dan anak-anak peserta sunatan massal.

Ia berjanji, tentunya hal ini akan menjadikan evaluasi dan akan ditingkatkan pelayanan pada agenda bakti sosial berikutnya.

“Dalam kegiatan bakti sosial khitanan massal ini kita bekerja sama dengan Rumah Sakit Angkatan Laut dr. Komang Makes Belawan dan Dinas Kesehatan Lantamal I. Ada sekitar 15 orang tim medis dari Medical Emergency Rescue Committe (MER-C) yang terdiri dari dokter dan perawat yang turut membantu dan mendukung kegiatan khitanan massal dalam rangka HUT Pomal ke-74,” paparnya.

Letkol Laut (PM) Wakid Chomarudin mengungkapkan, lebih dari 59 orang anak akan dikhitan yang berasal dari Panti Asuhan Al. Wasliyah Pulau Brayan, Rumah Mengaji Al Maghrub, Medan Belawan, Medan Labuhan, Medan Marenan, Medan Baru, semoga kegiatan ini berjalan lancar dan sesuai rencana

“Setelah tiga hari, peserta bisa datang ke Rumkital Dr. Komang Makes untuk dibantu melepas perban. Pihak Rumah Sakit akan membantu hingga bekas sunat sembuh dan Pomal akan memfasilitasi kendaraan terutama dari peserta Panti Asuhan dan Rumah Mengaji Al. Maghrub dikarenakan jarak dan pesertanya banyak,” tutup Danpomal Lantamal I.

Sementara itu, Camat Medan Belawan, Ahmad SP turut menyambut gembira bakti sosial yang diselenggarakan Pomal Lantamal I.

“Yang jelas sangat bersyukur dan mengucapkan terimaksih sekali karena perhatian dari Lantamal I khususnya Pomal Lantamal I ini luar biasa. Dari tahun ke tahun meskipun tidak banyak diekspos tetapi kita rasakan langsung manfaat dan kehadirannya,” kata Ahmad.

Turut menghadiri dalam acara tersebut Wadan Lantamal I Kolonel Laut (PM) Samista, S.H., para Pejabat Utama Lantamal I, Kadis/Kasatker Lantamal I dan Ibu Jalasenastri Pomal Lantamal I. (masri tanjung)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *