Komandan POM Lantamal I Letkol Laut (PM) Wakid Chomarudin turut menyumbangkan darahnya pada gelar donor darah dalam rangkaian menyambut HUT ke-74 Polisi Militer TNI Angkatan Laut (Pomal).

Belawan, PRi.Com – Polisi Militer (Pomal) Lantamal I Belawan bekerjasama dengan PMI Kota Medan menggelar donor darah yang merupakan salah satu rangkaian memperingati hari ulang tahun Polisi Militer TNI Angkatan Laut (Pomal) Ke-74 Tahun 2020 yang jatuh pada tanggal 20 Februari setiap tahunnya.

Aksi donor darah tersebut dilaksanakan di Mako Pomal Lantamal I Belawan, Medan, Sumatera Utara, Selasa (12/02/2020).

Pada kesempatan apel pagi di Mako Lantamal I, Komandan Lantamal I (Danlantamal) Laksamana Pertama TNI Abdul Rasyid K, S.E., M.M memerintahkan kepada Anggota Lantamal I untuk mengikuti kegiatan Donor Darah di Mako Pomal Lantamal I.

“Saya harapkan kepada seluruh Anggota yang memenuhi persyaratan untuk donor darah agar mengikuti kegiatan donor darah di Pomal Lantamal I. Donor darah ini, manfaatnya sangat besar baik bagi pendonor maupun yang di donor, pendonor secara ikhlas dan sukarela memberikan darahnya dimana pendonor mendapatkan manfaat dari segi kesehatan, darahnya bisa diperiksakan, sehingga dapat diketahui hasilnya,” kata Danlantamal I.

Kegiatan donor darah yang diselenggarakan Pom Lantamal I melibatkan lebih dari 191 pendaftar yang ingin mendonorkan darahnya. Peserta antara lain Personel Militer dan PNS Lantamal I, Yonmarhanlan I Belawan, Satpom Angkatan Udara Lanud Soewondo, Polres Pelabuhan Belawan, Pelindo I, KPPBC Belawan, Kejari Belawan, Syahbandar, Kesehatan Pelabuhan, Stasiun KAI, Kantor Imigrasi, Ditpolair Poldasu, Subdenpomad Belawan, Koramil, Kecamatan Belawan, Organisasi Pemuda, Dishub Kota Medan, Satpol PP Kota Medan dan Ibu Jalasenastri.

Sebelum mendonorkan darahnya, para calon pendonor diharuskan memenuhi beberapa persyaratan medis sesuai dengan syarat donor darah pada umumnya.

Dari peserta yang mendaftar rata-rata banyak yang lolos sementara sebagian kecil yang tidak lolos karena tekanan darah dan hemoglobinnya tidak memenuhi syarat. Terkumpul 142 kantung darah yang nantinya akan diproses Oleh PMI.

Komandan Polisi Militer Lantamal I, Letkol Laut (PM) Wakid Komarudin, M.Tr.Hanla mengatakan, “Kegiatan donor darah yang dilaksanakan merupakan wujud kepedulian sosial dan kemanusiaan Pom Lantamal I. Kegiatan ini juga mengajak personel TNI dan Polri guna menjaga sinergitas antara TNI dan Polri yang berada di wilayah kerja Pomal Lantamal I serta melibatkan instansi samping dengan harapan dapat di rasakan manfaatnya bagi pasien yang membutuhkan transfusi darah khususnya di Wilayah Medan”.

Pada kesempatan tersebut, Maulana Yokaika, S.E., Ketua PMI Medan Kota mengatakan, “Terima kasih atas prakarsa Lantamal I khususnya Pom Lantamal I yang menggelar donor darah dalam rangka menyambut HUT Polisi Militer TNI Angkatan Laut Ke-74, semoga menjadi rutinitas tiap tahun mengadakan acara seperti ini sehingga PMI dapat terbantu dalam penyediaan kebutuhan darah khususnya untuk wilayah Medan”.

“Kami berhasil mengumpulkan 142 kantong darah dan selanjutnya akan dibawa ke Unit Transfusi Darah (UTD) Medan Kota untuk disimpan dalam menjaga ketersediaan stock darah bagi yang membutuhkan”, pungkasnya. (masri tanjung)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *