Barus,PRi. Com – Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi bersama wakil ketua DPRD Sumut Rahmansyah Sibarani, Kamis (30/1-2020) tiba di kecamatan Barus, mengunjungi korban terdampak banjir dan longsor di beberapa kawasan di Kabupaten Tapanuli Tengah Sumut yang terjadi Selasa malam  (28/1-2020).

Edy Rahmayadi dan Rahmansyah Sibarani setiba di Barus disambut Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani dan Wakil Bupati Darwin Sitompul, selanjutnya Gubernur bersama rombongan didampingi Bupati dan Wakil bupati meninjau langsung ke berapa lokasi yang dihantam banjir seperti Kelurahan Padang Masiang dan desa Kinali. Jika

Gubernur Edy melihat kondisi rumah warga yang tergerus banjir dan menyambangi warga korban terdampak banjir.

Gubsu juga meninjau tanggul Sungai Sirahar di desa Ujung Batu yang jebol diterjang banjir sepanjang 500 meter serta jalan yang menghubungkan Tapanuli Tengah dengan Humbang Hasundutan di daerah Kecamatan ,Andam Dewi  yang hancur disapu air bah yang mengakibatkan akses transportasi kedua daerah itu terputus.

Gubsu memberikan bantuan sembako dan kebutuhan lainnya kepada korban banjir.

Wakil Ketua DPRD Sumatera Utara Rahmansyah Sibarani kepada PRi.Com, mengatakan setelah melihat kondisi di lapangan banyaknya rumah penduduk disapu banjir dan infrastuktur yang rusak ini harus segera diperbaiki.

ini harus segera diperbaiki, kita minta Pemprovsu untuk menangani mana yang menjadi kewenangannya serta mencarikan solusi terbaik bagi para korban terdampak banjir yang rumahnya di sapu banjir.” Pinta Rahmansyah. (Zurlang)